Post views: counter

Header Ads

Bupati Lebak: Jangan Sampai Kita Dikuasai Asing




BANTENPERSPEKTIF.COM, LEBAK--- Masyarakat Kabupaten Lebak tidak boleh menjadi penonton, sementara sumber daya alam dikuasai asing. Untuk itu, Sumber Daya Manusia (SDM) Lebak harus terus ditingkatkan agar bisa bersaing.

Demikian dikatakan Bupati Lebak, Iti Octavia saat memberikan sambutan pada acara Lebak Expo University (Lexus) 2017 di Latansa Hall, Rangakasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (21/01/2017). 

“Jangan sampai sumber daya alam yang ada di Kabupaten Lebak ini dikuasai dan dikelola asing, sementara masyarakat Lebak hanya bertindak sebagai penonton” Kata Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah akan terus mendorong putra-putri terbaik untuk memiliki daya saing sehingga mampu mengelola SDA yang ada di daerah Lebak.



Sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam membangun dan meningkatkan suber daya manusia adalah dengan menggulirkan Program Lebak Pintar menuju Lebak Cerdas 2019. Selain peningkatan pembangunan fisik prasarana juga peningkatan akses dan mutu pendidikan, dengan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi siswa SLTA yang kurang  mampu.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Paguma Lebak, Endang Bahrudin menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan strategi menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi serta memberikan motivasi kepada  pelajar SLTA selain memberikan informasi tentang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menjadi minat.

Pria yang akrab dipaggil Ebes ini, mengharapkan agar kegiatan Lexus 2017 ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi maupun  oleh PTN/PTS itu sendiri, dengan memberikan informasi selengkap-lengkapnya.

“Kegiatan kami gelar agar siswa-siswi memperoleh data profil perguruan tinggi yang diharapkan, sehingga siswa-siswi tersebut mendapatkan gambaran yang utuh terkait program studi dan hal lainnya yang ada di perguruan tinggi sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing” Ujar Ebes.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak, Wawan Ruswadi mengatakan bahwa pada tahun 2016 lalu Pemkab Lebak telah menyalurkan Rp. 5,112 milyar untuk 5112 siswa kurang mampu. Menurut Wawan, hal ini bertujuan agar tidak ada lagi siswa yang putus sekolah karena alasan tidak ada biya. Wawan juga mengatakan bahwa Pemkab selalu mendorong dan memotivasi para siswa dengan memberikan beasiswa bagi para siswa yang berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik.

“Kami juga telah memberikan beasiswa bagi para siswa yang masuk perguruan tinggi melalui jalur SNTPTN maupun PMDK dan bantuan bagi siswa yang diterima pada program studi kedokteran negeri” Ujarnya.

Terhadap kegiatan ini,  Wawan mengaku sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada penyelenggara, karena kegiatan yang pertama kali digelar ini, menurutnya sangat bermanfaat bagi masyarakat, agar lebih termotivasi lagi untuk melanjutkan pendidikannya sampai jenjang perguruan tinggi. 

REDAKSI BANTENPERSPEKTIF.COM | PRES RELEASE HUMAS LEBAK
FOTO | HUMAS LEBAK

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.