Post views: counter

Header Ads

Optimalkan Peran, Forum DAS Cikeusal Lakukan Raker


BANTENPERSPEKTIF.COM, SERANG--- Untuk mengoptimalkan peran, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciujung menggelar Rapat Kerja (RAKER), belum lama ini. Raker ini perdana ini  untuk membahas, merumuskan dan menetapkan program kerja Forum DAS  Cikeusal (aliran sungai Ciujung) 1 tahun kedepan. 

Bertempat di Yayasan Bakti Banten Cibodas Bantar Panjang, Kecamatan Cikeusal. Kabupaten Serang, Hery Triana, Ketua Pelaksana  Raker sekaligus Sekretaris Umum forum DAS Cikeusal menuturkan,  Raker dilaksanakan dalam rangka optimalisasi peran dan fungsi Forum DAS sebagai wahana pemeberdayaan masyarakat, kegiatan sosial dan lingkungan hidup. 

http://sekolahmaharti.blogspot.co.id/

Menurutnya, kiprah Forum DAS bukanlah forum oposisi yang melakukan investigasi terhadap pelaksanaan  pembangunan di daerah aliran sungai, tapi Forum DAS bersifat partisipatif dan solutif terkait persoalan- persoalan di daerah aliran sungai, karenanya Forum DAS membuka diri dan siap menjalin kemitraan dengan siapapun dan instansi manapun. 

"Spirit kebersamaan dan kemitraan dalam membangun masyarakat di daerah aliran sungai sejatinya menjadi komitmen bersama," katanya. Senada dengan Hery, Sumamiharja Ketua Umum FORUM DAS mengatakan, rapat kerja  perdana  sebagai langkah awal forum untuk berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat daerah aliran sungai. Salah satu program yang akan digulirkan  adalah pembersihan sungai dari sampah dan  penanaman pohon  di pinggir sungai (reboisasi)  agar tidak longsor dan terlihat indah.

Sementara itu,, Wakil Bupati Serang, Panji Tirtayasa mengapresiasi adanya FORUM DAS Cikeusal. Menurutnya, ini tandanya masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar.  Virus kebaikan ini mesti ditularkan ke kecamatan lainnya,  Lebih lanjut Panji memaparkan bahwa tidak ada peradaban manusia di dunia ini tanpa pengaruh sungai, makanya forum seperti ini sangat di butuhkan khususnya di kabupaten serang bila perlu forum ini menjadi organisasi tingkat kabupaten.


Sementara ini FORUM DAS baru mencakup tujuh desa di Kecamatan Cikeusal yakni Desa Panyabrangan, Katulisan, Bantar Panjang, Dahu, Panosogan, Gandayasa, dan Harundang. Hadir dalam acara Raker Forum DAS  Muspika Kecamatan Cikeusal, Camat Kecamatan Cikeusal, Perwakilan Koramil dan perwakilan Polsek Cikeusal.


Penulis: Sukamto
Editor: Karnoto




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.