Post views: counter

Header Ads

Aih... Rakornas PKS Ada Sajian Bir Pletok

BIR PLETOK DI RAKORNAS--- Sejumlah panitia Rakornas PKS 2017 rehat sejenak dan menikmati Bir Pletok. Minuman ini sengaja disajikan panitia untuk menjaga stamina agar Rakornas PKS 2017 bisa berjalan dengan lancar.

BANTENPERSPEKTIF.COM, DEPOK--- Rakornas PKS 2017 di Kota Depok, Jawa Barat yang berlangsung dari 6 hingga 8 Maret ternyata disajikan sebuah minuman bir. Bir ini sengaja disediakan panitia agar stamina terjaga sehingga bisa tetap prima.

Bir yang disajikan bukanlah sembarang Bir. Sebab Bir ini tidak memabokan atau orang sering menyebutnya Bir Pletok. Konon saat zaman penjajahan Belanda bir ini dibuat dari lada, jahe dan kayu secang. Kata 'bir' berasal dari bi'run yang artinya abyar atau sumber mata air. Sedangkan kata 'pletok' artinya ada tiga yaitu dibuat dari bambu, ditaruh diteko dan dikocok sehingga berbunyi pletok. 

Hasilnya, minuman ini berbuih di permukaannya. Tampilannya pun mirip bir asli! Bir pletok adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnisBetawi. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.


Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat. Bagaimana Anda ingin mencobanya? Silahkan datang ke Rakornas PKS 2017 di Kota Depok, Jawa Barat.

REDAKSI |  BANTENPERSPEKTIF.COM
FOTO | HUMAS PKS BANTEN

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.