PerspektifTV

Header Ads

Ke Tanjung Lesung, Banyuwangi Bagi-bagi Ilmu ke Pemkab Pandeglang



BANTENPERSPEKTIF.COM, SERANG--Dinas Keudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bayuwangi, Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan KEK Tanjung Lesung, di Kabupaten Pandeglang, Rabu (22/3). Dalam kunjungannya itu, Disbudpar Kabupaten Bayuwangi membeberkan strategi promosi wisata di Bayuwangi. Strategi itu diantaranya mengenali dan mengidentifikasi masalah pokok pariwisata, menntukan destinasi utama serta menciptakan hiterland diciptakan, Branding dan promotion dari Offline ke Online dan Dampak Pariwisata.


"Dalam mengembangkan pariwisata, mengenali potensinya adalah bagian terpenting,” kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Bramuda saat menjadi narasumber pada acara Fokus Group Discussion (FGD) Kajian Destinasi Pariwisata Pendukung KEK Tanjung Lesung di Restaurant dan Resto Riz di Pandeglang.


Dijelaskan Bram, peran pemerintah provinsi dan daerah serta stakeholder terkait harus bisa bekerjasama dalam mencapai visi atau tujuan tersebut dengan membangun SDM dan melestarikan potensi wisata. Apalagi Banten memiliki KEK Tanjung Lesung yang masuk kedalam 10 destinasi prioritas nasional yang akan menjadi fokus pemerintah.


Guna mewujudkan daerah pariwisata yang memiliki keunggulan dan menarik perhatian wisatawan, Provinsi Banten memiliki potensi dan peluang besar dalam menciptakan destinasi wisata disetiap daerah menjadi unggulan dan daya saing. Destinasi utama yang ditentukan dan branding promotion sangat membantu menghidupkan sektor-sektor pariwisata lainnya.


Sekadar diketahui, Banyuwangi menjadi salah satu daerah percontohan dengan prestasi dan  keunggulan dalam pengelolaan daerah diberbagai sektor termasuk pariwisata. "Tataran Birokrasi dan pelaku usaha wisata harus sejalan dalam melakukan koordinasi. Birokrasi merupakan agen utama perubahan yang mendorong pertumbuhan pariwisata," ungkap Bram.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, pihaknya akan terus berupaya melakukan strategi promosi wisata di Banten. Menurutnya, momen pertemuan tersebut bisa dimanfaatkan oleh kita yang langsung menangani sektor pariwisata.


“Komitmen untuk membentuk dan membangub pendukung pariwisata akan terus kita lakukan. Langkah strategis dalam kegiatan pariwisata bisa didukung oleh seluruh dinas di setiap daerah,” ujarnya.



SUMBER | DISPAR BANTEN

EDITOR | KARNOTO


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.