Header Ads

RSIA Insan Permata Buka Layanan BPJS Kesehatan

DUKUNG BPJS-- dr. Cucu Setiawan, pemilik Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Insan Permana mengatakan bahwa pihaknya melayani pelayanan BPJS. 


BANTENPERSPEKTIF.COM, TANGSEL---Dalam rangka mendukung program pemerintah, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Insan Permata membuka layanan BPJS Kesehatan untuk masyarakat Kota Tangerang Selatan, khususnya warga Serpong Utara. 

Apalagi, banyak juga pasien yang menanyakan kapan RSIA Insan Permata bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. “Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat akan kesehatan, kami bertekad untuk memudahkan layanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga perlu menambah jejaring yang lebih luas lagi salah satunya dengan layanan BPJS Kesehatan,” kata dr. Cucu Setiawan, pemilik Rumah Sakit saat ditemui di ruang prakteknya di Jalan Bhayangkara, Pakujaya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (11/3).

Menurutnya, mulai Januari 2017, RSIA Insan Permata yang bertipe C ini sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, tapi baru melayani tingkat rujukan bukan pelayanan primer yang mencakup pelayanan untuk ibu dan anak. 

“Untuk sementara, kami hanya layani pasien rujukan BPJS untuk kasus-kasus maternal (ibu-red) dan kasus-kasus anak-anak,” ujar dr. Cucu. Meski demikian, dr. Cucu bertekad untuk terus meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat dengan meningkatkan status RSIA menjadi Rumah Sakit Umum (RSU).

“Saat ini RSIA Insan Permata sedang proses ijin prinsip. Mudah-mudahan dalam waktu dua bulan ini sudah bisa direalisasikan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel menjadi RSU. Karena dari sarana kesehatan khususnya yang ada di Serpong Utara sangat membutuhkan sekali pelayanan kesehatan tingkat RSU,” ujarnya.

Dr. Cucu menjelaskan, rumah sakit yang ada di wilayah Serpong Utara bertipe B, padahal untuk merujuk ke RSU yang tipe C itu agak jauh yaitu harus ke Pamulang dulu. Sedangkan layanan BPJS harus berjenjang rujukannya mulai dari Faskes tingkat 1 ke Faskes tingkat 2 baru ke rumah sakit tipe B atau tipe A. 

“Sedangkan di Serpong Utara rumah sakit tipe C itu baru RSIA Insan Permata saja, dan RSU nya belum ada. Oleh karena itu sangat perlu sekali untuk meningkatkan RSIA menjadi RSU agar bisa melayani keperluan masyarakat.”

Rumah Sakit yang berdiri sejak 2013 ini juga berencana untuk membuka Faskes tingkat 1 di wilayah Serpong Utara untuk memudahkan dalam melayani masyarakat Serpong Utara.

“InsayaAllah kedepannya kami juga akan membuka Faskes tingkat 1, karena kebutuhan masyarakat untuk layanan primer masih kurang di Serpong Utara. Mudah-mudahan kami bisa membuka Faskes tingkat 1 dan tingkat 2 sehingga masyarakat tidak begitu sulit untuk mendapatkan layanan kesehatan.”

Dr. Cucu menambahkan, saat ini sarana RSIA Insan Permata juga terus ditingkatkan dengan menambah gedung, tempat tidur pasien sudah tersedia 70 bed, dan sarana parkir sudah ditambah 1500 meter. “Pembangunan gedung saat ini baru 50 persen, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dirampungkan 100 persen,” harapnya.

PENULIS |  CIPTO TANGSEL
EDITOR | KARNOTO


Diberdayakan oleh Blogger.