Header Ads

Tak Terpilih Dewan, Politisi Golkar Ini Tekuni Bisnis Jamur


BANTENPERSPEKTIF.COM, KABUPATEN SERANG---Tidak terpilih menjadi wakil rakyat bukan berarti berhenti aktivitas yang berkaitan dengan rakyat. Um Setiajaya adalah salah satu contohnya. Mantan anggota DPRD Kabupaten Serang dari Partai Golkar , Propinsi Banten, ini gagal pada pemilihan legislatif untuk kali keduanya pada pemilu lalu. Dan kini, pria berkacama ini menekuni dunia usaha yaitu budidaya jamur.

Pria yang tinggal di Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang ini mengaku sedang menikmati menjadi orang biasa dan usaha. "Ini sebetulnya dunia saya sejak lama, jadi sudah tidak kaget dengan dunia pertanian," aku Um Setiajaya. Bisnis jamur menurut dia prospek mengingat kebutuhan jamur di Serang tinggi, namun ketersediaan justru masih kurang banyak.

Politisi Partai Golkar ini pernah ditantang untuk bisa mensuplay jamur, namun dirinya belum bisa memenuhi karena keterbatasan sumber daya. Saat ini, ia masih memanfaatkan lahan kosong di dekat rumahnya yang diapit oleh area persawahan. Konsumen saat ini baru sekitar Serang dan rata-rata mereka yang membuka usaha kripik jamur. Selain itu, ada pula orang yang membeli bibit dari dirinya sehingga tidak perlu repot melakukan pembibitan.

Sebelumnya, Um Setiajaya adalah anggota DPRD Kabupaten Serang selama lima tahun. Dan mencalonkan diri kembali pada Pemilu 2014, namun gagal karena kalah dengan koleganya sesama partai Golkar. "Kurangnya sih ga banyak, tapi ini mungkin sudah takdir dari yang kuasa saya suruh balik ngurus pertanian," kata Um Setiajaya. 

Ia mengaku prihatin dengan trend pertanian sekarang ini, khususnya anak-anak muda yang enggan menekuni dunia pertanian padahal potensinya luar biasa.

"Paling penting itu sebenarnya adalah mengubah maindseta anak-anak muda kita tentang pertanian, karena inilah sebetulnya akar masalah mengapa kita negara agraris tapi tidak pernah mengalami kemajuan dibidang pertanian," katanya.

REDAKSI |  BANTENPERSPEKTIF.COM
FOTO | FOTO PRIBADI

Diberdayakan oleh Blogger.