Header Ads

Inilah Modal Sosial Para Calon Walikota Serang


BANTENPERSPEKTIF.COMKOTA SERANG -- Para calon Walikota Serang dari jalur partai sama-sama percaya diri, baik di internal partainya sendiri maupun calon antar partai. Sedikitnya ada delapan nama yang ramai dibicarakan masyarakat dan akan maju pada pada Pilkada Kota Serang 2018.

Bahkan ada beberapa partai yang memunculkan lebih dari satu, Partai Golkar misalnya, ada dua nama yang hangat dibicarakan publik, yaitu Vera Nurlaila,  dan Subadri Usuludin. Keduanya sama-sama memiliki modal sosial yang sama-sama kuat.

Vera misalnya, ia adalah Ketua PKK dan tak lain istri Tubagus Haerul Jaman, Walikota Serang saat ini. Menurut sejumlah sumber, Vera lebih memungkinkan untuk diusung Partai Golkar. Apalagi DPD Golkar Kota Serang hanya mengusulkan Vera ke DPP untuk diajukan menjadi Calon Walikota Serang.

Sementara itu, Subadri  meskipun memiliki peluang kecil mendapatkan restu dari Partai Golkar, namun secara kekuatan sosial ia tak bisa dianggap enteng. 
Subadri adalah Ketua DPRD Kota Serang dan sempat maju mencalonkan diri sebagai Ketua DPD Golkar Kota Serang. 

Selain Golkar, ada partai lain yang juga memunculkan lebih dari satu nama, seperti Demokrat, PDI Perjuangan dan PAN. Partai Demokrat ada dua nama yang muncul yaitu Nuraeni dan Aeng Haerudin. Keduanya sama-sama memiliki modal sosial yang besar. Aeng pernah menjabat Ketua DPRD Propinsi Banten dan posisi saat ini ia adalah Ketua DPD Demokrat Banten.

Sedangkan Nuraeni adalah Wakil Ketua DPRD Banten dan pernah menjadi Ketua DPRD Kota Serang. Pada bagian lain, Partai Amanat Nasional (PAN) juga muncul dua nama yaitu Purbo Asmoro, anggota DPRD Kabupaten Serang dan Iif Fariudin, anggota DPRD Kota Serang.

Yang hanya memunculkan satu nama adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Semula DPD PKS Kota Serang mengeluarkan lima nama, yaitu Najib Hamas, Sadeli Karim, Yayat Suhartono, Sudarman dan Juaeni Rois. Namun belakangan nama mengkerucut pada sosok Najib Hamas, anggota DPRD Banten.

Najib bukan orang baru dalam perpolitikan di Banten. Ia pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Serang selama dua periode berturut-turut, pernah menjadi Ketua DPD PKS Kabupaten Serang sebelum akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD Propinsi Banten.

Dikubu PDI Perjuangan muncul nama Asep Rakhmatullah dan Bambang Janoko. Keduanya juga memiliki modal sosial yang cukup besar. Asep saat ini menjabat Ketua DPRD Propinsi Banten dan Bambang Janoko adalah Wakil Ketua DPRD Kota Serang.

Sampai saat ini dinamika masih cair sehingga belum bisa dipastikan koalisi antar partai. Sejumlah partaipun masih menimbang dan memberikan ruang yang sama terhadap para calon. Selain calon dari partai ada juga nama lain, seperti Wahyudin Djahidi. Ia juga memiliki modal sosial yang besar, mengingat ia adalah pernah maju pada Pilkada Kota Serang lima tahun lalu berhadapan dengan TB Haerul Jaman.

Pada bagian lain ada nama Syafrudin, calon yang berasal dari kalangan birokrat di Pemkot Serang. Meski dari birokrat, namun ia tetap berupaya supaya mendapatkan kendaraan dari partai. Ia pun telah mendaftar ke PKB.



REDAKSI |  BANTENPERSPEKTIF
EDITOR | KARNOTO




No comments

Powered by Blogger.