Post views: counter

Header Ads

Kulsoom Abdullah, Atlet Angkat Besi Berhijab Asal Amerika Serikat




Tahun lalu, awan mendung merundungi atlit angkat Besi asal Amerika Serikat, Kulsoom Abdullah. Tak seperti sekarang, Kulsoom Abdulah berhati dengan lega.

BANTENPERSPEKTIF.COMMunich--Pasalnya, meskipun sudah lolos kualifikasi turnamen angkat besi terbuka di Amerika Serikat kala itu harus tereliminasi. Bukan lantaran kalah dalam bertanding, tetapi permasalahan kerudung yang senantiasa dikenakannya.

Alasannya, pakaian atlit yang biasa dipakai pengangkat besi itu merupakan pakaian sesuai standar yang disesuaikan dengan pengawasan menggunakan komputer. Bila mengenakan pakaian seperti yang dikenakan Kulsoom, maka akan memberikan penilaian yang kurang fair. Bisa saja pakaian panjangnya (gaun) akan mencegah juri untuk mellihat saat menilai sah tidaknya atlit saat lifting. Bisa saja terjadi penguncian (elbows locked).

Penganuliran ini memunculkan pro dan kontra di kalangan atlit, terutama atlit wanita lain yang sama-sama mengenakan pakaian ala Islam (busana muslim). Sehingga perbincangan pun menjadi ramai di semua cabang olahraga wanita lainnya, seperti cabang sepakbola, renang, tinju, dan senam. Hingga akhirnya menjadi satu dilema di dalam hati si atlit, apakah memilih prinsip agamanya ataukah karirnya di bidang olahraga?

Belum lama inipun terjadi, tim sepakbola wanita Iran didiskualifikasi kemenangan untuk Olimpiade 2012 saat melawan Yordania lantaran tim mengenakan jilbab saat bertanding. 

Kulsoom Abdullah kini berhati lega, semenjak diperbolehkan oleh pengurus olahraga angkat besi, AS untuk mengenakan jilbabnya. Dan harus mengenakan unitard. Unitard adalah pakaian yang akan dikenakan oleh atlit muslimah angkat besi Amerika Serikat ini.

Kulsoom Abdullah kini berlatih dengan leluasa, seperti yang dilakukannya beberapa waktu yang lalu di pusat latihan, Crossfit di Atlanta, Amerika Serikat. Dan akan menjadi atlit wanita AS pertama yang bertanding di kejuaraan angkat besi nasional dengan tetap mengenakan jilbab.

Semoga saja, Insinyur Teknologi di Georgia, Atlanta yang bergelar Ph.D. Kulsoom Abdullah inipun bisa dirasakan oleh atlit muslimah cabang olahraga apapun di seluruh dunia. 

SUMBER | ABCNEWS.GO.COM
EDITOR | KARNOTO







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.