Header Ads

Mahasiswa Polteknes Banten Harus Pecahkan Masalah Kesehatan Warga


BANTENPERSPEKTIF.COMLEBAK -- Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banten akan melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di Kabupaten Lebak dari tanggal 8 sampai dengan 20 Mei 2017. 

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi membuka PKL bagi 331 mahasiswa tersebut di Aula Multatuli Gedung Sekretariat Daerah Lebak, senin (8/5/17). Rombongan  mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Keperawatan, Kebidanan dan Analis Kesehatan didampingi 18 dosen pembimbing akan memulai kegiatan PKL terpadu di wilayah Kecamatan Cikulur.

"Hal ini sebagai bentuk pembelajaran lapangan Interprofesional Colaboration yang memberi kesempatan untuk menggali, menemukan dan memecahkan masalah kesehatan secara bersama-sama dengan masyarakat," kata Pembantu Direktur I Poltekes Banten, Ahmad Arief dalam sambutanya. 

Katanya, mahasiswa akan turun ke 7 desa di wilayah kerja Puskesmas Cikulur selama 2 minggu, mereka akan melakukan datanke masing-masing rumah tangga dan merumuskan masalah hingga menyelesaikannya bersama masyarakat melalui forum Musyawarah masyarakat desa.

Sementara itu, Ade Sumardi, Wakil Bupati Lebak mengatakan, upaya meningkatkan derajat kesehatan bermula dari penyembuhan penyakit kemudian secara berangsur-angsur berkembang ke arah keterpaduan dengan mengikut sertakan masyarakat secara luas yang mencakup upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. 

"Para mahasiswa PKL harus bisa memberikan edukasi atau pengetahuan hidup sehat kepada masyarakat, contoh kecilnya masyarakat yang tadinya mau makan tidak cuci tangan, setelah mendapatkan edukasi dua minggu kemudian masyarakat harus mencuci tangan sebelum makan, artinya PKL ini bisa dikatakan berhasil," kata Ade 

SUMBER |  PRESS RELEASE
EDITOR | KARNOTO



No comments

Powered by Blogger.