Post views: counter

Header Ads

Menancapkan Identitas Visual Diri

IDENTITAS VISUAL OKI--Artis, Oki Setana Dewi memiliki identitas visual dengan hijab panjang dan lebar atau orang sering menyebutnya Hijab Syar;i. Identitas visual ini melekat pada personal branding Oki hingga saat ini.

Identitas visual adalah jembatan yang menghubungkan apa yang terlihat dari luar dengan apa yang ada di dalam.
~ Catherine Kaputa ~

Apa yang terbersit dalam fikiran Anda ketika melihat kemeja kotak-kotak, pastilah Jokowi Lovers. Apa yang terbersit ketika Anda melihat kemeja putih celana cream, pastilah Anda ingat pasangan Capres Prabowo yang sekarang masih dipakai sebagai identitas visual para kepala daerah yang diusung Partai Gerindra.


Identitas visual memang penting karena itu bagian dari activity branding personal seseorang. Apapun profesi Anda, entah politisi, pengusaha, artis, kepala daerah, seniman memang harus memiliki identitas visual karena sekali lagi itu bagian dari activiy branding personal seseorang. Dulu dikalangan pengusaha kita mengenal sosok Bob Sadino. Anda pasti sudah tahu identitas visual Bob Sadino dengan celana pendeknya.


Jika diri Anda dikaitkan dengan sebuah produk maka identitas visual adalah kemasan produk. Tak jarang sebuah brand rela menggelontorkan budget besar hanya untuk urusan kemasan. Bukan apa-apa, kemasan memang bagian branding yang tidak boleh luput dari segala aktivitas branding. Coba Anda cek, sejumlah public figure menggunakan identitas visual dan melekat pada diri mereka.


Ada beberapa hal penting yang terkait dengan mengapa identitas visual itu penting. Pertama, identitas visual adalah yang kali pertama dilihat orang. Identitas visual secara singkat sebagai gambaran seseorang. Hal itu manusiawi karena pada hakikatnya setiap manusia melihat terlebih dahulu apa yang dilihat.



KEMEJA PUTIH DILIPAT--Dahlan Iskan adalah salah satu orang yang memiliki identitas visual konsisten, yaitu lengan panjang warna putih dengan lipatannya. Identitas visual ini dilakukan secara konsisten.
Kedua, identitas visual juga menjadi pembeda antara Anda dengan orang lain atau kalau produk antara produk yang satu dengan produk yang lain. Kualitas diri Anda juga pembeda, tetapi hal pertama yang bisa terlihat perbedaan Anda dengan orang lain adalah identitas visual. Dan terakhir, ini yang menurut saya penting adalah identitas visual akan menjadi brand Anda sehingga muda diingat oleh orang lain.

Jadi kesimpulannya, identitas visual tidak boleh diabaikan dan harus menjadi bagian dari aktivitas branding seseorang, apapun profesi Anda. Identitas visual juga akan menjadi pemantik dan penunjuk arah bagi orang lain tentang diri Anda sehingga mudah dikenali. Dari pengamatan saya yang agak kompetitif adalah identigas personal yang mengenakan hijab.



IDENTITAS VISUAL IRNA---Irna Narulita memiliki identitas visual hijabnya yang selalu menggunakan hijab warna polos. Meski berganti-ganti warna tetapi Irna konsisten dengan identitas visualnya yang tidak menggunakan motif bling-bling.
Ini terjadi karena dinamika hijab begitu luar biasa. Meski ada brand masing-masing para muslimah yang mengenakan hijab, namun bagi yang tidak terlalu memerhatikan identitas visual agak kesulitan memerhatikan secara seksama. Meskipun jika diamati lebih dalam tetap mereka menunjukan identitas visual, sebut saja Oki Setiana Dewi dengan identitas visual hijab lebar dan panjang, sementara Mely Goeslaw memiliki identitas hijab tersendiri. Anda tentu sudah bisa membedakan identitas mereka.Selanjutnya Anda mesti membuat identitas visual sendiri agar personal branding Anda lebih mengena dan sukses.

Sementara dalam partai politik lebih terlihat jelas identitas visualnya.. PKS misalnya, identitas visualnya adalah putih, Golkar warna kuning, PDI Perjuangan warna merah, Partai Demokrat Biru dan PPP Hijau. Dalam persnality politisi pun beberapa memang sudah mengerti pentingnya identitas visual, ada yang menggunakan kemeja panjang warna putih lalu dilipat, ini terlihat pada diri sosok Dahlan Iskan. Jokowi dan JK memang sering juga tetapi sejak menjadi kepala negara identitas visual itu sering terbaikan, mungkin karena alasan protokoler.


Identitas visual juga terlihat pada sosok Irna Narulita, hijab yang ia pakai selalu motif polos, dimanapun dan kapanpun. Sampai ia menjadi Bupati Pandeglang pun masih menggunakan identitas visual tersebut. Mungkin Anda mengenali sosok yang menggunakan identitas visual, ini wajar karena itu bagian dari aktivitas personal branding.


PENULIS | KARNOTO

KONSULTAN BRAND | FOUNDER BANTENPERSPEKTIF



Diberdayakan oleh Blogger.