Header Ads

Ormas Islam Kumpul di Kampus IAIN, Ini Kata Mereka Soal NKRI


BANTENPERSPEKTIF.COMKOTA SERANG -- Mahasiswa sebagai agent of change sudah seharusnya menjadi pemersatu NKRI. Ini merupakan momen yang tepat untuk saling mengenal, di dunia maya bisa dikatakan sulit untuk membedakan hoax dan fakta. 

Demikian dikatakan Muchtar Anam Efendi, Ketua Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Propinsi Banten saat menjadi narasumber pada acara seminar di Kampus UIN Maulana Hasanudin Banten, Kamis (4/5/2017). Seminar yang digagas Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab ini dihadiri sejumlah ormas Islam, gerakan mahasiswa dan BEM kampus dari sejumlah perguruan tinggi.

Sementara itu, berkaitan dengan peran dan strategi umat Islam, seminar diawali dengan ormas Islam skala nasional yaitu Muhamadiyah. "Sejarah telah membuktikan ormas Islam turut andil dalam meletakkan pondasi dasar negara pancasila," ujar Umam, Pengurus Daerah Muhamadiyah

Kata dia, banyak ulama yang berperan dalam memperjuangkan NKRI.  Jadi jangan beranggapan bahwa ormas Islam tidak memiliki peran apapun dalam NKRI.  Ormas islam menjadi bagian penting dalam pemersatu bangsa. Maka perlu tau bahwa sejarah para ulama dalam memperjuangkan NKRI bahkan sebelum NKRI ada.

Jumardan, Wahdah Islamiya menuturkan, siapa yang meragukan bahwa ormas Islam dalam membangun NKRI?" Mereka yang kemarin ikut terjun ke aksi 212, bahkan mereka adalah orang yang paling NKRI.

Dengan berbagai macam karakteristik yang dimiliki ormas Islam, Wahdah Islamiyah dalam usia 15 tahun harus eksis dan memiliki peran strategis dengan memiliki pondok tahfidz, tambahnya.

"Berbicara NKRI maka berbicara Banten, karena Banten bagian dari NKRI," kata Ust. Alwiyan dari PB Al- khairiyah yang turut hadir dalam acara tersebut.  Katanya, dengan berbagai karakteristik yang berbeda, ormas Islam semakin lincah memainkan peran dan strategi untuk NKRI.

Di tempat yang sama, Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kota Serang, Ustad. Nasihudin mengatakan, FPI termasuk ormas Islam yang muda, karena FPI lahir di NKRI atas dasar kecintaan terhadap NKRI. Menurutnya, FPI akan menjaga NKRI sampai titik darah penghabisan. Jika ada ormas Islam yang tidak pancasilas FPI siap menjadi garda terdepan. 

PENULIS | YULIP
EDITOR | KARNOTO

No comments

Powered by Blogger.