Post views: counter

Header Ads

Sopwan; Politik Tak Hanya Butuh Finansial Tapi Ilmu


Politik itu dunia yang dinamis maka dibutuhkan keterampilan dan ilmu.
~Sopwan~

Dunia politik telah lama ditekuni oleh Sopwan, anggota DPRD Propinsi Banten dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Hampir 20 tahun terjun di dunia politik banyak yang ia temukan selama itu. "Keadaan sekarang berubah, zaman pun berubah maka cara berpikir kita terhadap politik pun harus kita ubah," kata Sopwan kepada BantenPerspektif.Com di kediamannya.


Menurutnya, politik membutuhkan keterampilan khusus karena dunia politik dinamis. Jadi, bukan hanya finansial yang dibutuhkan tetapi juga ilmu karena Agama mengajarkan bahwa dengan ilmu maka seseorang akan terjaga. "Politik dunia yang sangat dinamis maka butuh ilmu untuk mengelolanya," kata alumni Magister Hukum Universitas Jayabaya, Jakarta ini.


Sering Jadi Penceramah

Sebagian masyarakat mungkin belum mengetahui aktivitas Dewan Penasehat DPD Gerindra Banten ini selain politik. Ia ternyata sering menjadi penceramah di perdesaan-perdesaan. Dalam event-event tertentu Sopwan sering hadir dan memberikan siraman rohani kepada masyarakat.

Ia tergolong care dengan aktivitas keagamaan, bahkan Sopwan tak segan-segan memberikan bantuan kepada anak-anak yang hafal Al Qur;an. "Kemarin saya hadir dan saya katakan jika ada anak-anak yang hafal Qur'an maka akan saya berikan uang pembinaan dan sudah ada beberapa yang datang ke rumah, Alhamdulillah," kata Sopwan.


Pengusaha properti ini mengakui jika banyak peristiwa politik yang tak bisa lepas dari peran dan campur tangan Allah SWT. Untuk itu, ia tak pernah meninggalkan shalat limat waktu sebagai benteng diri dalam menjaga aktivitasnya. "Sebelum pulang kita shalat Isya dulu ya," ajak Sopwan ke BantenPerspektif.Com.


Jarum jam sudah menunjukan ke angka 21.00, tapi Sopwan masih terlihat asyik ngobrol dengan sejumlah orang. Umumnya mereka adalah para partner bisnis yang membantu dirinya dalam mengelola bisnisnya tersebut. Selama pantauan BantenPerspektif.Com, aktivitas bincang-bincang antara Sopwan dengan partner bisnisnya berlangsung santai.


Mereka ngopi bersama dan terkadang diselingin becanda. Tampak beberapa meja dari satu sofa terlihat di kantor manajemen yang berada di dekat kediamannya di Banjaragung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Sesekali Sopwan menyalakan chanel siaran langsung shalat di Mekkah dan Madinah dan beberapa kali terlihat mengakses TV tilawah dari seorang hafidzah asal Indonesia.


Sesekali ia juga mengetes partner bisnisnya tentang kajian Agama. "Ada yang tahu apa itu Iman. Ini pertanyaan sederhana tapi pengalaman saya di lapangan banyak orang yang belum mengerti apa itu Iman," katanya dengan santai. 


SUMBER | WAWANCARA

EDITOR | KARNOTO








~
Diberdayakan oleh Blogger.