Header Ads

Statement Filosofis, Ciri-Ciri Orang Besar


Dari sekian ciri yang melekat pada orang-orang besar, saya tertarik dengan salah satu ciri mereka yaitu Statement Filosofis, yaitu sebuah kalimat yang sebenarnya kita sudah tahu artinya tapi mereka mampu merangkai menjadi sebuah kalimat yang unik sekaligus bermakna dalam. Sebuh saja statement filosofis Soekarno. 


Berikan Aku 10 Pemuda Maka Akan Guncang Dunia, ini adalah statement filosofis Soekarno dan sebenarnya kita sudah tahu maksud tulisan ini, tapi mungkin karena kita bukan orang besar jadi tidak mampu membuat kalimat seperti Soekarno.


Tokoh lainnya adalah Amien Rais, dia juga sering mengeluarkan statement filosofis. Misal, ketika dia menyimpulkan saat momentum Ramadhan, dimana orang ramai-ramai pergi ke masjid, menjaga omongan, menjaga maksiat. Nah, saat itu Amien Rais mengeluarkan statement filosofis bahwa fenomena itu ia katakan sebagai Maksiat yang Tertunda atau ketika dia menyikapi fenomena penistaan Agama, Amien juga mengeluarkan statement filosofis. Ia katakan bahwa sekarang muncul Fir;aun Amatiran.


Coba simak statement filosofis Amien Rais, secara makna dan maksud sebenarnya kita sudah tahu tapi dia mampu membuat kalimat itu sehingga kata-kata itu sering dicuplik orang banyak. Belakangan sosok Anies Matta, mantan Presiden PKS juga pernah beberapa kali mengeluarkan statement filosofis. Sebut saja ketika dia mengatakan, Indonesia hanya akan maju jika kita Menjadi Otaknya Indonesia, Hatinya Indonesia dan Tulang Punggung Indonesia. Coba amati statement filosofis Anis Matta.


Secara makna kita pasti sudah tahu sejak dulu, tapi tidak mampu menyimpulkan dalam kalimat singkat yang kita seperti menjadi penemu kalimat itu. Sebetulnya perihal statement filosofis sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Beberapa diantaranya dia katakan, Sayangilah yang di Bumi maka yang di Langit Akan Menyayangi Kamu. Ada pula kalimat lain, seperti bekerjalah seolah-olah kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah kamu seolah-olah kami akan mati esok.


Masih banyak lagi statement filosofis Nabi Muhammad SAW yang luar biasa. Tokoh perempuan juga ada contohnya, seperti Raden Ajeng Kartini. Salah satu statemen filosofis yang melegenda adalah Habis Gelap Terbitlah Terang. Dan ada pula yang lainnya, seperit dia katakan bahwa Ada Dua Bangsawan, yaitu Bangsawan Fikiran dan Bangsawan Budi.


Pertanyaanya adalah apakah kita bisa seperti mereka, memiliki statement filosofis? Jawabannya bisa saja. Menurut saya ada beberapa hal untuk bisa menemukan statement filosofis, diantaranya rajin membaca buku orang-orang besar. Bukan untuk menduplikat atau copy pasti,tetapi untuk bahan pengayaan kita. Kedua rajin berfikir dan merenung. Biasanya dari proses prenungan dan berfikir secara serius akan muncul bisikan dari nurani.


Bagaimana Anda mau mencoba? Silahkan mungkin Anda salah satu yang disiapkan menjadi orang besar yang dilahirkan ke dunia ini. Dan kalau itu terjadi, maka berbahagialah karena tidak banyak orang yang mampu membuat statement filosofis.


Penulis | Karnoto

Konsultan Brand  |  Founder BantenPerspektif.Com 



Diberdayakan oleh Blogger.