Post views: counter

Header Ads

Tradisi ziarah Menjelang Ramadhan


BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA TANGERANG--Menjelang Ramadan sudah menjadi tradisi umat muslim melakukan ziarah kubur ke makam orangtuanya atau saudaranya, hal itu sebagai wujud penghormatan dan keikhlasan dalam menyambut bulan suci.   

Di Taman Pemakaman Umum (TPU) Selapajang, kota Tangerang sudah beberapa hari ini terlihat ramai dari biasanya, banyak warga yang mulai datang untuk berziarah. Biasanya akan ramai pada pagi dan sore hari demikian dijelaskan Suherman, salah satu petugas di TPU Selapajang.    

"Mendekati bulan suci Ramadan, orang yang ziarah akan semakin banyak mas, nanti bisa jadi akan terus ramai sampai hari Kamis," tambah Suherman kepada penulis.   Di TPU ini terdapat ribuan makam, oleh karena itu tidak heran jika mendekati Ramadhan seperti saat ini akan ramai sekali yang datang. Pemakaman untuk muslim disini terdapat enam blok.   

Salah seorang peziarah, Yanuar mengatakan kerap datang berziarah ke makam orangtuanya menjelang Ramadan seperti saat ini. "Sudah biasa seperti sekarang ini ramai mas, saya datang lebih pagi biar tidak terlalu ramai," jelasnya.   

Sementara itu, Windia, warga Selapajang juga mengatakan ini momen setahun sekali menjelang Ramadan, sudah menjadi tradisi bagi dirinya dan suaminya datang ke makam orangtuanya. "Kami sudah biasa ziarah ke pemakaman saat menjelang Ramadan ini, gak enak kalau gak ziarah. Seperti ada yang kurang dan akan merasa berdosa sama orangtuanya," katanya. 

REDAKSI | BANTENPERSPEKTIF
EDITOR | KARNOTO




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.