Header Ads

Trend Bisnis Berbasis Komunitas


BANTENPERSPEKTIF.COM, EKONOMIBISNIS-Geliat bisnis dikalangan anak-anak muda saat ini cukup menggembirakan. Meski jumlah pengusaha Indonesia masih kalah dibandingkan Singapura, Malayasia dan Eropa, tapi paling tidak kita bisa tersenyum karena dari tahun ke tahun tumbuh sifginifikan. 

Uniknya, basis bisnis anak-anak muda di tanah air menggunakan basis komunitas. Tak heran komunitas bisnis tumbuh subur di tanah air baik skala daerah maupun nasional.

Salah satunya adalah Indonesia WomenPreneur Community, komunitas ini diisi oleh para wanita dengan beragam profesi mulai doker, dosen, konsultan, guru, pegawai negeri termasuk mahasiswa. 

Di komunitas ini mereka membuat group dan saling promo antara satu produk dengan produk lainnya. Selain chat di sosial media, komunitas yang diketuai oleh seorang dokter gigi, Linda Sutarjo ini juga rutin menggelar kopi darat.

Ada pula komunita GenProperti, komunitas ini fokus bagi siapa saja yang ingin menjadi broker properti. Mereka sering menggelar pelatihan untuk meningkatkan keterampilan anggota menjadi broker properti. Mereka juga rutin menggelar pertemuan dan biasanya masing-masing GenProperti didaerah mengadakannya.

Lalu sejauh mana efektifititas bisnis berbasis komunitas? Menurut saya jelas efektif karena dikomunitas tersebut para anggota bisa berbagi informasi, share produk dan seperti membuat sumbu panjang karena antar anggota bisa saling berbagi informasi termasuk bekal pelatihan yang menyangkut keterampilan bisnis.

REDAKSI | BANTENPERSPEKTIF.COM
EDITOR | KARNOTO 


Powered by Blogger.