Post views: counter

Header Ads

Trend Kafe di Kota Serang, Bagaimana dengan Pasarnya?



Setahun terakhir geliat kafe di Kota Serang menggeliat. Hampir disemua titik strategis di ibukota Propinsi Banten ini berdiri kafe dengan brand masing-masing. Meski pasar belum terlalu menjanjikan namun pengelola kafe sepertinya menangkap prospek bisnis tersebut beberapa tahun ke depan.


Pengamatan saya dibeberapa kafe memang terlihat ramai dan menjadi tempat tongkrongan baru bagi anak-anak muda atau mereka customer kelas menengah. Beberapa diantara kafe di Kota Serang, yaitu Kafe Excelso Coffee, Garden Coffee House, RAJ Coffee Food and Beverage, Warunk Upnormal, M Kafe, Kafe Epic dan lainnya.


Masing-masing kafe memiliki brand dan memiliki pengunjung dengan karakternya masing-masing. Pada umumnya ramai dan tidaknya kafe ditentukan oleh sang pemilik kafe, sejauhmana ia memiliki jejaring yang bisa dilakukan word of mouth (strategi marketing dari mulut ke mulut).


Meski tergolong trend baru di Kota Serang, namun mulai terlihat menggeliat gaya masyarakat modern ini. Yang perlu diingat oleh pengelola adalah bahwa customer kafe sesungguhnya bukanlah ingin membeli menu, tetapi value dari kafe tersebut, mulai tempat yang nyaman, akses internet dan lokasi yang strategis.


Selain itu, kemampuan membranding kafenya juga menjadi penting supaya dalam membidik customer tidak salah sasaran. Sebab, pasar sekarang mengalami tesegmentasi secara alamiah. Apalagi kafe, dimana customer tidak mengejar menu melainkan gaya hidup.


Diperkirakan, bisnis kafe di Kota Serang dalam lima tahun ke depan akan semakin kompetitif, kendati belum ada kepastian apakah akan diiringi dengan daya beli masyarakat atau tidak. Sebab demografis warga di Kota Serang berbeda dengan Kota Tangerang apalagi Tangerang Selatan.


PENULIS | KARNOTO

FOUNDER BANTENPERSPEKTIF.COM



Diberdayakan oleh Blogger.