Header Ads

Puluhan Petani Lebak Dapat Kartu Debet


BANTENPERSPEKTIF.COM, LEBAK-- Puluhan petani dari beberapa kecamatan mengikuti sosialisasi kartu tani serta penyerahan bantuan hand traktor di Aula Multatuli Sekretariat Daerah, Selasa (6/6/17).

Sosialisasi Kartu Tani ini dibuka oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Dalam sambutannya, Bupati lebak menyampaikan, Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, memonitor penyaluran pupuk bersubsidi yang anggarannya menggunakan APBN.

"Kepada pihak terkait khususnya Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk memastikan penyaluran Kartu Tani di Kabupaten Lebak sehingga para petani dapat terbantu dalam menjalankan kegiatannya seperti kredit usaha rakyat, penyediaan pupuk hingga pengumpulan hasil panen." katanya.

Selain itu, Iti juga menyerahkan bantuan 18 handtraktor dari APBD  Lebak 2017 secara simbolis sebagai upaya dan bentuk keseriusan Pemkab Lebak untuk terus meningkatkan produksi padi khususnya melalui peningkatan indeks pertanaman padi.

"Dengan adanya handtraktor pengolahan tanah menjadi lebih cepat dan sempurna, yang pada gilirannya waktu tanam padi bisa kurangi sehingga bisa tanam padi 3kali dalam satu tahun." katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Lebak, Dede Supriatna mengatakan bagian yang terpenting dari Kartu Tani ini adalah pendataan para petani yang akurat. Hal itu untuk membantu para petani dalam membantu pemberian kredit usaha rakyat (KUR) dalam meningkatkan produksi hasil pertaniannya

"Jika pemerintah dan pihak perbankan punya data yang jelas tentang komoditas, luas lahan dan masa panen, maka terjadinya lonjakan harga bisa diminimalisir." ungkapnya,

REDAKSI | BANTENPERSPEKTIF.COM
EDITOR | KARNOTO 


Powered by Blogger.