Header Ads

Era Demokrasi, Pemimpin Harus Kreatif

DIALOG DEMOKRASI--Anggota DPRD Banten, Ade Hidayat (kelima dari kanan), Yandri Susanto (Anggota DPR RI) saat menjadi narasumber pada Dialog Demokrasi di Suwaib Foundation, Kota Serang, Jumat (21/7/2017)

BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG--Di era demokrasi seperti sekarang seorang pemimpin harus kreatif, sehingga mampu menggali potensi daerah untuk meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan demikian pembangunan bisa maksimal.

Demikian dikatakan anggota DPRD Propinsi Banten dari Fraksi Gerindra saat menjadi narasumber pada acara Dialog Demokrasi Politik Lokal di Rumah Buku Suwaib Amiruddin Foundation, Kota Serang, Jumat (21/7/2017). 


" Selama ini PAD paling besar masih mengandalkan pajak kendaraan, nah ke depan mesti kepala daerah kreatif menggali potensi PAD dari sektor lain," kata Ade.

Menurut anggota Badan Anggaran DPRD Propinsi Banten ini, potensi PAD tersebut bisa dilakukan dengan memperkuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dari sektor ini bisa kembangkan lagi ke sektor lainnya. Hadir pada acara tersebut, Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Yandri Susanto, Komisioner KPU RI Pramono U Tantowi, Komisioner Bawaslu Banten M Abdurrasyid Siddik, Anggota DPRD Banten Ade Hidayat, TB Maman Suherman Aktivis Muhamadiyah Banten.

Yandri Susanto mengatakan, politik lokal harus dikaitkan dengan kepentingan pembangunan. "Demokrasi kita di Banten khususnya masih jauh dari kepentingan pembangunan," jelas Yandri.  Dia mengatakan, kualitas demokrasi di Banten perlu ada perbaikan melalui forum-forum diskusi. 

Baca Juga:
Seleksi Bawasda Banten Dimulai 24 Juli 2017
Sebelum Diblokir, Netizen Ramai-Ramai Blokir Akun Twitter Jokowi


"Kedepan kita harus membahas mengenai subtansi demokrasi yang kita jalankan,"jelasnya. Pramono U Tantowi menjelaskan, memang betul aktivitas politik kita belum menjawab pembangunan. " Tantangan demokrasi lokal adalah oligarki. Harus kita benahi agar muncul pemimpin berkualitas,"jelasnya. 

Sementara itu, Abdurrasyid Siddik menyoroti pelaksanaan pemilu lokal masih lemah tingkat keterbukaan dalam pelaksanaan pemilihan. Pantauan BantenPerspektif.Com, acara juga dihadiri Faisal Ali, anggota KPUD Kota Serang, Solihin Abas Eks Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM), Lutfi Nawawi (Komisioner KPID Banten).

Redaksi BantenPerspektif.Com
Powered by Blogger.