Header Ads

Maju Pilkada, Ini Pemikiran Lalu Majukan Kota Serang

LALU BERSAMA ISTRI-- Lalu Atharussalam Rais bersama istri Anisa saat berada di Arab Saudi. Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang ini akan berlaga pada Pilkada Kota Serang 2018.

Bakal calon Walikota Serang, Lalu Atharussalam Rais memiliki cara pandang bagaimana memajukan Kota Serang sebagai ibukota Propinsi Banten. Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang ini membeberkan pemikirannya kepada Karnoto, Founder BantenPerspektif.Com di kediamannya beberapa hari lalu. Berikut pemikiran Lalu?

Apa yang dilakukan terkait penataan birokrasi di Kota Serang?
Sesuai latarbelakang saya di pemerintahan selama 30 tahun, ada beberapa prinsip yang tak boleh lepas dalam menata birokrasi, yaitu manusia (SDM), dokumen keuangan, peralatan dan koneksitas.

Bisa Dijelaskan?
Pertama tentang SDM, kita harus memberikan SDM yang tepat dalam pemerintaha. Pegangannya adalah tempatkan seseorang sesuai dengan kapasitasnya. Kalau memang memiliki kapasitas keuangan maka tempatkan di bidang keuangan dan seterusnya. Kedua, dokumen keuangan. Ini menjadi penting sekali agar realisasi program berjalan dengan baik. Bagaimanapun aplikasi program membutuhkan keuangan. Untuk itu harus ada pencatatan yang rapi dan ini pernah kita lakukan sehingga Pemkab Serang berhasil meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Selanjutnya tentang peralatan, aktivitas kantor bagaimanpun membutuhkan peralatan seperti komputer, teknologi, meja dan lain sebagainya. Ini harus ditata dengan rapi terutama perihal aset daerah. Dan terakhir adalah koneksitas, networking menjadi penting karena daerah memiliki keterbatasan baik anggaran maupun SDM.

Itu kan birokrasinya, bagaimana tentang konsep memajukan daerah di sektor lain?
Saya memiliki pemikiran, Kota Serang ini bagaimanapun adalah ibukota Propinsi Banten maka harus ditata sedemikian rupa. Salah satu pemikiran saya adalah penataan di Karangantu, kita harus menjadikan daerah itu ikon baru daerah. Misal, disana kita buat wisata baru dengan konsep sumber daya laut. Orang bisa menikmati kuliner di daerah situ.

Dulu ketika saya menjadi Sekda Kabupaten Serang ada program namanya satu kecamatan satu lapangan olahraga. Saya berpikiran bahwa kebutuhan masyarakat tak hanya kebutuhan dasar, pangan, papan dan sandang tetapi ruang aktualisasi. Nah ini akan saya terapkan di Kota Serang tentu dengan konsep yang berbeda.

Untuk mewujudkan itu semua butuh power, bagaimana kalau posisinya Wakil Walikota?
Saya memang tak punya partai maka saya mendaftar ke partai, nanti terserah partai mau dipasangkan dengan siapa, termasuk posisi. Andaikan saya wakil sejak awal saya akan meminta kewenangan agar bisa mewujudkan visi saya. Dan saya tegaskan sejak awal bahwa saya tidak akan bermain proyek dan itu sudah dibuktikan saat menjadi Sekda Kabupaten Serang.


Powered by Blogger.