Header Ads

Rohis Diawasi, Ini Penjelasan Menteri Agama



BANTENPERSPEKTIF.COM, NASIONAL--Untuk kesekian kalinya Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin mendapat sindiran dari netizen. Kali ini perihal statement Lukman yang akan mengawasi Rohani Islam (ROHIS). Ia pun buru-buru memberikan klarifiksi maksud dari pernyataan tersebut.

Dalam rilis yang dimuat di Republika.Co.Id, politisi Partai Persatuan Pembangunan ini menyampaikan bahwa yang ia maksudkan adalah agar kepala sekolah bisa memberikan perhatian lebih kepada rohis. Menurutnya, hal ini dilakukan agar rohis bisa dilindungai dari pengaruh negatif. 

Ia menampik jika dirinya telah meminta agar rohis diawasi dalam pengertian mencurigai. Menurutnya, para kepala sekolah dan guru harus mengetahui siapapun yang menyampaikan ceramah keagamaan kepada siswa, baik dari latarbelakang maupun wawasan penceramah.

Sebelumnya, kontroversi mengenai rencana pengawasan rohis menjadi trending topik di sosial media. Para pegiat rohis, aktivis dakwah sekolah, aktivis dakwah kampus memprotes rencana tersebut. Rencana tersebut dinilai aneh, mengingat aktivitas rohis justru membantu para siswa terhindar dari kegiatan negatif, seperti narkoba dan tawuran.

Netizen juga menyindir statement Lukman terhadap LGBT dan rohis, dimana saat ramai isu LGBT Lukman justru memberikan statement agar LGBT tidak dikucilkan. Namun statement berbeda untuk rohis agar diawasi. Penelusuran BantenPerspektif.Com, isu perihal pengawasan rohis sebetulnya sudah sering terjadi, terutama ketika isu teroris mencuat ke permukaan. 

Redaksi BantenPerspektif.Com

Powered by Blogger.