Header Ads

Biar Wisata Maju, Stakelholder Mesti Kompak



BANTENPERSPEKTIF.COM, SERANG --Semua stakeholder yang konsen dengan pariwisata harus kompak. Ini menjadi penting agar industri pariwisata bisa maju. Sebab jika berjalan masing-masing maka harapan akan kemajuan pariwisata sulit tercapai.


Itulah salah satu pointer dalam focus group discussion (FGD) pada acara Penguatan Jejaring Wisata Banten di Aston Hotel Anyer, Kawasan Pantai Anyer Kabupaten Serang, Rabu (23/7/2017). Seperti diketahui, saat ini banyak lembaga yang berurusan dengan pariwisata, mulai dari Himpunan Pengusaha Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (APPI), ASITA, Dinas Pariwsata, Kementerian Pariwisata dan Penjaga Pantai dan Asosiasi UMKM.


"Selama semua stakeholder yang berkaitan dengan dunia wisata tidak bersatu maka sulit kita bisa memajukan industri pariwisata," kata salah seorang peserta. Hadir dalam acara tersebut sejumlah pelaku pariwisata mulai dari Kang Nong, pemerintah desa, dinas Se-Kabupaten dan Kota di Banten, asosiasi-asosiasi dan pengelola objek wisata.


Untuk Banten sendiri memiliki potensi wisata yang kuat perihal wisata sejarah, budaya, kuliner dan alamnya. Untuk itu potensi tersebut harus dioptimalkan, bukan saja oleh dinas terkait melainkan semua stakeholder yang konsen terhadap dunia pariwisata.


Dalam session diskusi para peserta juga dituntut agar kreativitas dalam melakukan promosi wisata di Banten. Sebab tanpa kreativitas tidak akan mampu menarik perhatian para wisatawan, khususnya wisatawan asing.


Sumber | Liputan
Editor | Karnoto
Powered by Blogger.