Header Ads

Ini Sembilan Rekomendasi Rakernas PAN 2017

BANTENPERSPEKTIF.COM, BANDUNG --DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Propinsi Banten siap melaksanakan rekomendasi  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2017 di Kota Bandung, Jawa Barat. Ada beberapa hasil strategis dalam Rakernas tersebut terutama terkait isu kekinian dan Pemilu 2019.

Berdasarkan pres release yang diterima BantenPerspektif.Com dari DPW PAN Banten, ada sembilan rekomendasi yang dihasilkan Rakernas PAN 2017 tersebut. Salah satunya adalah kesepakatan seluruh tingkat wilayah (propinsi) untuk mengusung Zulkifli Hasan menjadi Calon Presiden RI pada Pemilu 2019.


"Meskipun demikian keputusan tetap ada pada DPP PAN, khususnya Ketua Umum DPP PAN sendiri.  Kesepakatan pengurus wilayah didapatkan melalui rapat pleno pada Rakernas," kata Masrori, Ketua DPW PAN Banten.


Berikut ini sembilan point penting yang tertuang dalam rekomendasi Rakernas PAN 2017 di Kota Bandung, Jawa Barat.

1. Tema pokok Rakernas PAN ketiga ini adalah 'Menjahit Kembali Merah Putih'. PAN memilih tema ini karena khawatir semangat kebangsaan bersama terkoyak-koyak oleh golongan, yang memaksakan kehendak atas golongan lain, merasa lebih Pancasilais dari yang lain. 


2. Dalam bidang sosial dan ekonomi, kondisi bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi berbagai permasalahan, terutama masalah kesenjangan ekonomi dan masalah ketidakadilan sosial. PAN merasakan bahwa kesenjangan antar golongan atas dan bawah sangat lebar, termasuk kesenjangan antar wilayah.

3. Seperti dalam semangat Pembukaan dan batang tubuh Undang-undang Dasar NKRI 1945, tujuan berbangsa dan bernegara adalah untuk memajukan kesejahteraan umum. Tetapi yang terjadi adalah kesejahteraan orang per orang, pemusatan kekayaan, modal, tanah dan berbagai sumberdaya ekonomi, yang berada di tangan segelintir orang. 

4. Bagi PAN rujukan untuk menjalankan strategi tersebut adalah konstitusi, yaitu UUD 1945, khususnya pasal 33. Para pendiri bangsa merumuskan bahwa sistem perekonomian lndonesia bukan sistem ekonomi kapitalis, di mana peran individu menjadi dominan dan pasar sangat liberal. 


5. PAN menilai bahwa instrumen untuk mewujudkan tujuan keadilan sosial dan kesejahteraan dilakukan dengan penerapan demokrasi politik dan demokrasi ekonomi secara bersamaan. Melalui demokrasi politik, setiap individu dalam negara memiliki kesempatan setara dalam aktualisasi kehidupan sehari-hari. 


7. PAN menilai bahwa penegakan hukum di Indonesia belum dilaksanakan sesuai prinsip persamaan di hadapan hukum, sehingga sering sekali dinilai berbenturan dengan nilai-nilai keadilan. Dalam konteks itu, PAN mendesak agar penegakan hukum di Indonesia dilaksanakan secara adil, transparan, dan tuntas sejalan dengan nilai rasa keadilan di tengah masyarakat.

8. PAN senantiasa mendukung kebebasan berserikat dan berkumpul sebagaimana dijamin di dalam konstitusi. PAN menilai bahwa Perppu Ormas tersebut perlu dikaji secara mendalam oleh Fraksi PAN DPR RI untuk diambil keputusan nantinya di parlemen dengan memperhatikan aspirasi masyarakat.



9. Dalam rapat pleno seluruh Dewan Pimpinan Wilayah PAN sepakat bulat mengusulkan Sdrku Zulkifli Hasan untuk diusung sebagai bakal calon Pimpinan Nasional dalam pemilihan Presiden Rl 2019-2024. Meskipun demikian keputusan akhir diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP PAN.

Sumber | Press Release
Editor | Karnoto

Powered by Blogger.