Post views: counter

Header Ads

Jangan Sampai Absen Puasa Arafah, Ini Manfaatnya


BANTENPERSPEKTIF. COM, KOTA SERANG --  Hari ini umat Islam menjalankan Puasa Arafah, yaitu puasa pada Hari Arafah, tepatnya  hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini banyak memiliki keutamaan bagi siapa yang melaksanakanya.

Lalu apa saja keutamaan Puasa Arafah bagi yang melaksanakannya. Berikut penyampaian dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis mengatakan, terdapat banyak keutamaan di Sepersepuluh Bulan Dzulhijjah. Salah satunya yaitu keutamaan puasa Arafah dan puasa Tarwiyah.

"Kita oleh Allah SWT diberi keutamaan-keutamaan di Bulan Dzulhijjah dan jumlah sebenarnya hanya Allah yang tahu," ujar Kiai Cholil kepada Republika.co.id, Selasa (29/8).

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada saat diberlangsungkannya wukuf di tanah Arafah tanggal 9 Dzulhijah oleh para jamaah haji. Sementara puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Menurut Kiai Cholil, umat Islam yang melakukan ibadah puasa maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang. "Ketika puasa di hari arafah itu diampuni dosa yang lalu dan dosa yang akan datang. Jadi, yang lalu yang sudah dilakukan kita diampuni, yang belum dilakukan Allah sudah mengampuni lebih dulu," jelasnya.

Keutamaan puasa Arafah ini tertuang dalam riwayat dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda: "Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas". (HR. Muslim).

Redaksi | BantenPerspektif.Com  



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.