Post views: counter

Header Ads

DOT Bisa Dipakai Untuk Pemasaran Wisata Banten


PEMASARAN WISATA -- Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurchayati foto bersama dengan para peserta Fam Trip dan Workshop Strategi Pemasaran Paket Wisata Banten 7 Wonders di Anyer, Rabu (6/9).

BANTENPERSPEKTIF.COM, ANYER -- Salah satu upaya untuk mencapai target Banten 7 Wonders adalah dengan Strategi Marketing yang sistematis dan tepat. Sebab secara produk, Banten memiliki wisata yang bisa menjadi magnet bagi para wisatawan.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran  Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti saat sambutan pada acara Fam Trip dan Workshop Strategi Pemasaran Paket Wisata Banten 7 Wonders di Anyer, Rabu (6/9) .

Menurutnya, Banten dengan Tanjung Lesungnya masuk kedalam 10 Destinasi Prioritas Nasional sekaligus Banten 7 Wonders harus dibarengi dengan promosi dan pemasaran yang optimal seperti mengemas paket wisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan.

"Melalui pelatihan ini kita pelajari praktis mengenai strategi pemasaran untuk mencapai target strategi pemasaran dengan memiliki kebijak paket-paket wisata yang menjadi potensi wisata daerah. Selain itu, kita juga bisa mengambil peluang yang bisa dikembangkan sebagai kreatifitas produk wisata," ujarnya.

Dikatakan Esthy,  Banten 7 Wonders menjadi magnet pariwisata di Banten dengan potensi yang dimilikinya. Menurutnya, marketing strategy bisa  menggunakan pendekatan DOT (Destination, Original, dan Time), promotion strategy dengan BAS (Branding, Advertising, dan Selling), dan media strategy dengan pendekatan POSE terutama pada pasar utama.

"Terutama unsur pentahelix yang terlibat instansi/lembaga, pelaku industri/bisnis,
asosiasi, akademisi, komunitas, serta media yang terlibat dalam bidang pemasaran pariwisat dengan koordinasi yang maksimal bisa mendukung penguatan strategi pemasaran yang optimal. Banten dengan 7 wondersnya tentu memiliki banyak peluang pemasaran yang terus berkembang," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, dalam rangka promosi pariwisata, sejak 2016 Banten melalui Dinas Pariwisata Propinis Banten dan daerah menetapkan strategi pemasaran melalui branding 7 wonders yang memiliki potensi yang luar biasa sebagai magnet wisata lainnya di Banten.

"Kesempatan yang diberikan oleh Kemenpar dengan melakukan pelatihan dan memberikan arahan kepada para pelaku pariwisata di Banten tentu sangat membantu untuk bisa meningkatkan potensi pemasaran wisata," kata Eneng.

Ditambahkan Eneng, momentum tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta yang merupakan pejuang pariwisata yang memiliki kontribusi dalam mendukung capaian target kunjungan wisatawan. Paket wisata yang dikemas kedalam strategi yang handal tentu diharapkan memiliki dampak positif bagi pergerakan wisatawan,.

Sumber | Pres Release Dispar Banten
Editor | Karnoto

BACA JUGA:

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.