Post views: counter

Header Ads

Jejak Serangan Udara Calon Wali Kota Serang



BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG --- Keberadaan sosial media dimanfaatkan oleh para calon Wali Kota Serang untuk melakukan sosialisasi dan menggaet pemilih. Mereka pun ramai-ramai menggunakan sosmed untuk membranding. Lalu sejauhmana gencarnya serangan udara para calon? Berikut penelurusan BantenPerspektif.Com.

Dari penelurusan BantenPerspektif.Com, calon yang paling agresif melakukan strategi udara adalah Wahyudin Djahidi. Ia sudah start jauh-jauh hari menggunakan sosial media facebook untuk sosialisasi. Bahkan ia memiliki situs resmi dengan alamat www.wahyudindjahidi.com.

Ia pun rajin mengupload dan menulis status di facebook dengan nama akun H.Wahyudin Djahidi. Calon yang mengusung tagline Kota Serang Keren ini tercatat memiliki 971 pengikut. 

Sementara itu, calon Wali Kota Serang dari PKS juga tak mau kalah, ia juga melakukan sosialisasi melalui facebook. Meski jumlah pengikutnya kalah dengan Wahyudin karena hanya 271 pengikut, namun Najib tergolong aktif menggunakan sosial media. Ia rajin membuat status dan mengupload sejumlah foto kegiatannya.

Pada bagian lain, Lalu Atharussal Rais juga memanfaatkan sosial media untuk kampanye. Bahkan, saat ini ia memiliki situs resmi yaitu www.sahabatlalu.com. Di website ini Lalu memuat profil dan visi misinya sebagai calon Wali Kota Serang. Calon dengan tagline Kota Serang Madani ini juga menggunakan sosial media facebook untuk menggaet pemilih.

Namun dari penelusuran BantenPerspektif.Com, Lalu tidak menggunakan fanspage tapi hanya akun pribadinya yang jumlah pertemananya 2.903 orang. Lalu juga dibantu istrinya untuk serangan udaranya, yaitu Anisa Lalu. Akun dengan nama Ratu Annisa tersebut tercatat memiliki 469 orang.

Sementara itu, dua calon perempuan yaitu Vera Nurlaela Jaman dan Nuraeni pun tak mau kalah. Vera juga melakukan serangan udara di sosial media di facebook. Bahkan timnya membentuk group terbuka dengan nama VoteVera. Tercatat ada 142 orang yang menjadi anggota group, sedangkan jumlah pertemanan akun facebooknya disukai 189 orang.

Calon dengan tagline Kota Serang Cantik ini lebih banyak mengupload foto-foto kegiatan Vera. Dan jika dari foto yang diupload Vera lebih banyak mengupload foto bersama ibu-ibu.

Sedangkan calon Wali Kota Serang yang juga politisi Partai Demokrat, Nuraeni juga memanfaatkan sosial media facebook untuk mendekati pemilih. Meski jumlah pengikutnya masih kalah dengan calon lain, namun Nuraeni tetap memanfaatkan facebook untuk sosialisasi.

Ia lebih banyak mengupload foto dan berita dari sejumlah media online yang memuat aktivitas Nuraeni. Dengan tagline Kota Serang Bersinar, Nuraeni berusaha keras mendekati pemilih milenia. 

Sementara itu, Ranta Soeharta pun baru-baru ini memiliki fanspage facebook dengan nama Relawan Ranta. Dari penelusuran BantenPerspektif. fanspage ini baru memiliki 102 pertemanan. Sedangkan Subadri Usuludin juga memanfaatkan facebook untuk mengenalkan diri ke masyarakat pengguna sosial media. 

Ketua DPRD Kota Serang ini terdapat dua akun, pertama akun dengan nama pribadi dan fanspage dengan nama Tim Subadri Usuludin. Sedangkan Yhanu Setiawan juga tak mau kalah, ia juga memiliki fanspage relawan di sosial media dengan nama Sahabat Yhanu.

Penelusuran tersebut dilakukan pada Selasa (19/9/2017) pukul 24.44 dini hari. Berhasil atau tidaknya menggunakan sosial media tergantung strategi mereka. Mulai dari konten, desain dan strategi bagaimana memviralkan sosial media mereka. 

Yang pasti kampanye di sosial media akan efektif manakala dikelola dengan maksimal dan strategi secara komprenhensif yaitu dengan menggunakan Strategi Integreated Marketing Communication. Strategi ini merupakan cara paling jitu untuk melakukan kampanye di sosial media.

Redaksi : BantenPerspektif.Com
Hasil Penelurusan di Sosmed



BACA JUGA:

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.