Post views: counter

Header Ads

Jika Menang, Vera Jadi Wanita Kelima Pimpin Daerah


BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG --- Dari delapan kabupaten dan kota di Propinsi Banten, empat diantaranya dipimpin kepala daerah perempuan. Mereka adalah Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan), Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang), Irna Narulita (Bupati Pandeglang) dan Iti Octavia (Bupati Lebak.

Artinya jika Vera Nurlaela memenangkan Pilkada Kota Serang 2018 maka kepala daerah akan mendominasi di Banten. Istri Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman ini akan menjadi penentu jumlah kepala daerah di Banten.

Meski sejumlah kalangan menyangsikan kepemimpinan para wanita, tapi realitas politik mereka mampu menjadi pemenang dalam Pilkada meskipun ada yang mulus dan harus jatuh terlebih dahulu, seperti Irna Narulita dan Airin Rachmi Diany.

Irna sempat kalah saat melawan Ratu Atut Chosiyah pada Pilkada Gubernur Banten. Mantan anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan ini pun akhirnya menepi di daerah pemilihannya Kabupaten Pandeglang dan sukses menjadi Bupati Pandeglang.

Sementara itu, Airin Rachmi Diany juga sempat kalah saat mengadu keberuntungan pada Pilkada Kabupaten Tangerang. Ia tak mampu membendung kekuatan Zaki Iskandar yang akhirnya mampu mengalahkan Airin.

Airin pun mengatur siasat ulang dengan maju pada Pilkada Kota Tangerang Selatan dan berhasil. Kini istri dari Tubagus Chaeruwardhana ini menjadi Walikota Tangsel untuk kali kedua.

Perjalanan yang mulus dialami Ratu Tatu Chasanah, adik kandung Ratu Atut Chosiyah ini boleh dibilang tak pernah mengalami kejatuhan karir. Saat memasuki gelanggang politik, ia langsung terpilih menjadi anggota DPRD Propinsi Banten dari Dapil Pandeglang.

Tak lama kemudian ia maju pada momentum Pilkada Kabupaten Serang mendampingi Taufik Nuriman sebagai Wakil Bupati dan terpilih. Selesai mendampingi Taufik, Tatu pun kembali maju Pilkada Kabupaten Serang dengan incaran posisi Bupati Serang dan akhirnya terpilih.

Karir yang mulus juga dialami Iti Octavia, Bupati Lebak ini nasibnya mirip dengan Tatu. Anak Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Propinsi Banten Jayabaya ini sukses menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat. Setelah itu ia pun maju pada Pilkada Lebak dan terpilih menjadi Bupati Lebak. Kini, ia akan kembali mempertahankan kursi panas Bupati Lebak pada Pilkada 2018 mendatang.

Redaksi | BantenPerspektif. Com
BACA JUGA :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.