Post views: counter

Header Ads

Parlemen Tangsel Respon Positif Raperda Pengarusutamaan Gender

RAPERDA GENDER --- Tujuh fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyambut baik rancangan peraturan daerah (raperda) tentang Pengarusutamaan Gender

BANTENPERSPEKTIF.COM, TANGSEL --- Tujuh fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyambut baik rancangan peraturan daerah (raperda) tentang Pengarusutamaan Gender atau banyak dikenal dengan istilah gender mainstream.

Hal itu terlihat saat rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap penyampaian Walikota Tangerang Selatan mengenai empat Raperda diantaranya Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, di Gedung IFA, Jalan Viktor, BSD – Km.1  No.88 Buaran, Serpong, Kamis siang (14/9/2007).

Seperti pandangan umum Fraksi PKS yang dibacakan oleh Romli Sian Mair, menyatakan Fraksi PKS DPRD Kota Tangsel sangat menyambut baik Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, dalam raperda ini Fraksi PKS berharap kedepannya mulai dari perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan sangat responsif gender.

“Misal dalam penganggaran yang responsif gender beberapa masalah perempuan seperti kemiskinan, kesehatan reproduksi, kematian ibu melahirkan dapat diintervensi dengan penganggaran yang mencukupi untuk mengatasi beberapa masalah tersebut,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Romli, hal tersebut sudah dimulai, karena beberapa waktu lalu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangsel sudah mensosialisasikan perencanaan pembangunan yang responsif gender. Dengan perda ini pun kami sangat berharap akan tercipta ketahanan keluarga, baik laki-laki maupun perempuan mendapatkan kesempatan yang sama untuk maju berkembang dan berkarya, khususnya di bidang politik.

“Semoga juga partisipasi perempuan dapat meningkat dan dengan sendirinya keterwakilan perempuan juga akan lebih baik. Semoga pansus kedepan bisa membahas raperda ini dengan lebih baik sehingga sempurna dan dapat diimplementasikan dengan baik,” ujarnya.

Fraksi Golkar juga mengapresiasi dan menyambut baik raperda ini, Fraksi Golkar dalam pandangan umumnya memberikan catatan agar Raperda Pengarusutamaan Gender dapat mewujudkan kesetaraan dan keadilan sebagai insan dan sumberdaya pembangunan dalam kehidupan berkeluarga, berbangsa dan bernegara.

Hal senada juga disampaikan Fraksi Gerindra, namun Fraksi besutan Prabowo Subianto ini agar dalam pembahasan Raperda Pengarusutamaan Gender harus memperhatikan karakteristik masyarakat, norma dan budaya di Kota Tangsel.

Sementara itu Fraksi PADI yang merupakan fraksi gabungan dari PPP, PAN, dan Demokrat memandang Raperda Pengarusutamaan Gender cukup penting untuk diusulkan. 

Meski demikian, Fraksi PADI juga memberikan catatan diantaranya untuk mempercepat implementasi pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh daerah dalam implementasi pengarusutamaan gender selama ini.

Reporter: Sucipto
Editor: Karnoto






BACA JUGA:

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.