Post views: counter

Header Ads

Yemmelia, Mantan Birokrat yang Jadi Pengusaha



BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG --- Karakter dinamis masih melekat Yemmelia, mantan birokrat yang kini menjadi pengusaha dan aktif di kegiatan sosial. Kini, wanita yang puluhan tahun pernah berkarir di birokrat ini menjadi Sekretaris Jenderal Ikatan Keluarga Minang Pusat.

Kepada BantenPerspektif.Com, Rabu (6/9/2017), Uni, sapaan akrab Yemmelia menuturkan jika aktivitas sekarang lebih banyak ke dunia bisnis dan kegiatan sosial. "Kalau jiwa Uni tuh ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, makanya aktivitas sosial di IKM tetap dilakukan sampai sekarang," kata Uni.

Ibu dua anak ini secara resmi menjadi Sekjen IKM Pusat dan di IKM Banten ia tetap menjadi ketua. Sementara untuk bisnisnya, Uni memilih sektor jasa keuangan. Di bawah bendera PT Rangkiang Permata Onsystem, Uni menjadi direktur.

"Alhamdulillah Uni masih tetap bisa memberikan yang bermanfaat untuk masyarakat," kata Uni. Nama Yemmelia cukup dikenal di Propinsi Banten mengingat dia cukup lama menjadi birokrat. Jabatan terakhir adalah Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Propinsi Banten.

Selain itu, Uni juga aktif dikegiatan keagamaan sehingga ia pun sering bolak-balik mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Banten, khususnya Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Aktivitas sosial ini sudah ia lakukan sejak lama dan sampai sekarang pun tetap dilakukan.

Sebelumnya ia pernah akan maju pada Pilkada Gubernur Banten, namun akhirnya batal. Dan kini di tahun 2019 Yemmelia maju sebagai Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Banten dua yang meliputi, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Yemmelia maju dari Partai Keadilan Sejahatera (PKS). "Niat saya untuk mengabdi dan melalui PKS ini saya niatkan untuk mengabdi untuk masyarakat," kata Yemmelia.

Biografi :
Nama : Hj. Yemmelia Wiryanto, SE,M.Si
Lahir : Buktinggi, Sumatera Barat, 26 Maret 1964
Karir  :
Eks. Kepala Bidang Budaya Dinas Pariwisata Provinsi Banten
Organisasi : Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Banten
Dengan jumlah anggota kurang lebih 1,2 juta warga Minang yang menetap di Banten.
- Puteri Citra Tingkat Nasional 1985.
- Eks. Atlet awal 1980-an

Penasihat Asosiasi PKL Provinsi Banten (sejak 2007)
Ketua Ikatan Keluarga Minang se-Provinsi Banten (sejak 2008)
Pembina Artis Minang dan Seni Banten-Jakarta
Pembina Angkatan Muda Banten
Pengurus Yayasan Majelis Taklim Albantani Banten


Pendidikan :
Fakultas Ekonomi Universitas Eksakti, Padang, Sumatera Barat.

Penulis : Karnoto | Sumber : Wawancara | Foto : dok.uni


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.