Post views: counter

Header Ads

Oji Faoiji, Dari Wartawan, Motivator Sampai Calon Kades



BANTENPERSPEKTIF.COM, PANDEGLANG --- Kehidupan memang misterius dan bisa jadi apa yang terjadi saat ini tak pernah terpikirkan sebelumnya. Salah satunya adalah Oji Faoji, mantan wartawan media cetak lokal di Banten yang kini maju sebagai calon Kepala Desa Purawarja, Kabupaten Pandeglang.

Saat masih menjadi wartawan, penulis sempat jalan bareng karena bertugas di wilayah yang sama yaitu Kabupaten Serang. Selama kurang lebih dua tahun saya mengenal sosok Oji, sapaan akrab pria yang memiliki self confidence (percaya diri-red) luar biasa.

Menurut penulis, pria kelahiran Pandeglang ini cukup punya nyali bahkan dibandingkan dengan saya sendiri. Pernah suatu ketika ia berani berdebat dan meminta kejelasan kepada salah satu pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait masalah pupuk.

Ceritanya kami berdua mau meminta klarifikasi terkait masalah pupuk, namun ditengah wawancara pejabat di BUMN tersebut mengeluarkan statement yang menyinggung profesi wartawan dan Oji pun langsung meminta klarifikasi orang tersebut.

Kami sempat debat panjang bahkan Oji tampak emosi lalu kami keluar tanpa permisi. Saat mendekati pintu, pejabat tersebut memanggil kami berdua dan meminta maaf. Ada cerita lucunya juga. Cerita lainnya ketika kami satu iring-iringan dengan Wakil Bupati Serang yang saat ini dipegang Andy Sujadi. Tiba-tiba mobil X Trail Pak Wakil mogok dan ia pun turun ikut melihat apa yang terjadi.

Saat kap mobil dibuka dan Pak Wakil melihat-lihat mesin mobil, tiba-tiba Oji datang dari arah belakang karena kami menggunakan mobil Bagian Humas Pemkab Serang dan posisinya ada dibelakang mobil X Trail tersebut. Mungkin karena ia sangka Pak Wakil tidak sedang  melihat mesin tiba-tiba Oji membunyikan klakson mobil tersebut dan Pak Wakil pun kaget bukan kepalang. Mungkin kalau yang melakukan bukan wartawan dan tidak akrab Pak Wakil Bupati akan marah, tapi dia tersenyum, he he he.

Oji tergolong orang yang memiliki percaya diri yang luar biasa meskipun (maaf) salah satu kakinya kurang sempurna. Maka ketika saya mendengar dia menjadi motivator sangatlah tepat karena memang ia layak menjadi motivator di tengah keterbatasannya.

Terakhir kami bertemu di acara HUT Kota Cilegon dan sempat foto bersama di atas panggung. Ketika itu saya mengikuti acara Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan menghadiri acara tersebut sementara dia memang ngepos di Cilegon.

Oji juga memiliki pemahaman Agama yang kuat, seringkali ia berdebat soal isu keIslaman dengan rekan wartawan lain dan saya mendengar dari penjelasannya menyiratkan bahwa ia mengerti isu-isu kotemporer tentang keIslaman.

Nyalon Lurah
Turut serta dalam pesta demokrasi di tingkat desa mungkin saja tak pernah terpikirkan Oji, tapi itulah kehidupan yang memang penuh misteri. Ketika saya mendengar dan membaca akun facebook pribadinya saya ikut menyemangati dan menitip pesan kepadanya agar ketika terpilih menjadi kades bisa mengelola dana desa untuk kemajuan desanya.

Saya sih yakin dia nyalon dengan niat tulis karena memang tidak orang yang tidak punya duit untuk bermain-bermain uang untuk menggoda warga. Ia hanya mengandalkan strategi mencari support system dengan cara "mengakrabi" Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Foto dirinya yang sering bersama dengan Irna menjadi entri poin bagi Oji bahwa dia meski tak memiliki uang, tapi dekat dan paham tentang dunia politik. Kepada saya dia jujur kalau dirinya memang tidak sekolah tinggi sebagaimana wartawan lainnya, tapi itulah hebatnya dia, he he he toh bisa jadi wartawan juga.

Kini nasib soal pencalonan kades tinggal menghitung hari, apakah terpilih atau tidak. Saya sih berharap dia terpilih karena memiliki semangat dan bisa diajak untuk tukar fikiran bagaimana memajukan daerah. Semoga saja kemenangan ada pada pria yang punya semangat ini, karena jarang mantan wartawan yang mau turun ke desa, apalagi sekelas desa.

Bagia sebagian mungkin terlalu kecil, padahal tak jarang para pejabat, mulai dari anggota dewan, kepala daerah mereka memulai karir politiknya dari desa. Karena dari desalah kita bisa mengenal psikologi warga di lapisan bawah. Selamat Berjuang, Semoga Terpilih !

PENULIS : KARNOTO
OWNER MAHARTI NETWORKING (BANTENPERSPEKTIF.COM)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.