Header Ads

Pidato Anies, Ada 1744 Kata, 7 Kata Merdeka Cuma 1 Kata Pribumi



BANTENPERSPEKTIF.COM, JAKARTA --- Pidato Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Senin, 16 Oktober 2017 membuat guncang jagad nusantara. Kata Pribumi yang disampaikan Anies direspon negatif sebagian kalangan, terutama mereka yang tidak pro dengan Anies.

Padahal dari pidato Anies yang berjumlah 1.744 kata hanya satu kata pribumi, sisanya yaitu 7 kata merdeka, 8 kata pancasila, 3 kata gotong royong, 40 kata Jakarta, 5 kata perjuangan, 6 kata persatuan, 5 kata bekerja dan 4 kata pembangunan.

Pidato berdurasi sekira 22 menit 21 detik ini bahkan oleh pengamat Barat Tom Pepinsky, dosen perbandingan politik program Asia Tenggara, Universitas Cornell, Amerika Serikat, disebut layaknya Pidato seorang Presiden, demikian sebagaimana beredar di media.

"Dalam bagian lain pidatonya, ia (Anies Baswedan -red) juga mengutip peribahasa daerah dari seluruh Nusantara (Aceh, Batak, Banjar, Madura, Minahasa, Minang) dan mencoba menunjukkan ke setiap daerah Indonesia, dan mengatakan 'saya juga berbicara kepada Anda'," tulis Pepinsky. (BBC, 17/10/2017)

Pidato Anies yang heroik ini menjadi titik awal perubahan yang lebih baik bagi ibukota negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia ini.

Anies sendiri memastikan bahwa dirinya bersama Sandiaga Uno tak akan membeda bedakan warganya. Bahkan Anies dan Uno akrab dengan sejumlah warga keturunan China termasuk sejumlah artis.

Diolah dari berbagai sumber
Redaksi BantenPerspwktif

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.