Header Ads

Sektor Riil di Banten Mulai Menggeliat



BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG --- Sektor riil atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Propinsi Banten mulai menggeliat. Sejumlah komunitas UMKM pun bermunculan. Salah satunya adalah Banten Berdaya yang baru saja menggelar event Mentoring Bisnis Pekanan di Kota Serang, Sabtu (18/11/2017).

Ratusan pelaku industri rumahan pun hadir pada acara tersebut. Mereka berasal dari berbagai sudut Kota Serang dan membawa hasil produk home industri mereka. Mulai dari food, handycraft, souvenir dan lainnya. Menurut Andi Han, Koordinator Wilayah I Saudagar Nusantara, Banten Berdaya merupakan bagian dari program Komunitas Saudagar Nusantara.

"Tujuan mentoring bisnis pekanan ini  agar UMKM, para pengusaha dan saudagar yang merupakan kekuatan bangsa mampu membangun jejaring dan menyatukan kekuatan untuk memajukan bangsa," kata Andi kepada BantenPerspektif.Com.

Menurutnya, syiar kebaikan pemberdayaan ini akan terus digalakan agar semakin banyak pelaku home industri yang maju sehingga memiliki kekuatan ekonomi yang kokoh. "Ke depan kita akan buat di Kota Cilegon dan kota-kota lain di Banten," kata Andi.

Sementara itu, Murniawati, Owner Maharti Food dengan produk unggulan Bawang Goreng menuturkan, program tersebut memang bagus karena bisa menambah jejaring sosial dan bisa saling support satu sama lain sehingga akan menjadi kekuatan besar bagi para pelaku UMKM.

"Saya sangat mensupport kegiatan yang digagas oleh Saudagar Nusantara di Banten. Dengan demikian akan ada saling keterkaitan dan ikatan emoisonal antar pelaku usaha," kata Murniawati. Ditambahkan Alumnus Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah ini, sektor riil memang menjadi pondasi perekonomian daerah dan negara. Untuk itu perlu diperkuat dan paling penting adalah terkoneksi satu sama lain.

Pemprov Banten Berikan Dukungan
Sementara itu, Pemprov Banten pun tampaknya mulai menseriusi gerakan sektor riil. Berbagai event pun digelar diberbagai daerah. Di Kota Tangerang Selatan, Pemprov Banten menggelar Banten Expo yang diikuti sejumlah pelaku usaha riil.

Di Kota Serang pun Pemprov Banten menggelar temu pelaku home industri di gedung PKP RI. Hadir dalam acara tersebut, Encop Sofia, anggota DPRD Banten dari Fraksi Gerindra dan Muhammad Najib Hamas dari Fraksi PKS.

Sumber | Wawancara
Redaksi | BantenPerspektif
Diberdayakan oleh Blogger.