Post views: counter

Header Ads

Selain Modal, Strategi Marketing Jadi Kendala Pelaku Usaha Kecil




BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG --- Selain permodalan, masalah lain yang masih dihadapi para pelaku home industri adalah pemasaran, terutama terkait strategi branding dan komunikasi pemasaran. Hal ini lantaran para pelaku usaha belum mengenal strategi tersebut.

Pada sisi lain, konsumen sekarang lebih dinamis dan kritis serta mengalami pergeseran perilaku sehingga memiliki dampak terhadap pemasaran produk sektor riil. Salah satunya adalah yang dihadapi perajin sandal jepit di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.

Mereka hanya bisa memproduksi sedangkan sisi penjualannya masih belum memuaskan sehingga produknya menumpuk di gudang. "Ada kurang lebih seribuan pasang sandal, mulai sandal dewasa dan anak-anak yang belum terjual," kata Pak Haji, Koordinator Home Industri.

Ia mengakui bahwa masalah besar yang sekarang dihadapi adalah pemasarannya karena minimnya tenaga-tenaga yang mengerti tentang pemasaran. Sedangkan untuk permodalan saat ini sudah tak menjadi masalah karena ada dana BUMDes yang bisa dipinjamkan secara lunak.

Hal yang sama juga diutarakan beberapa pelaku usaha mikro dan kecil dan menengah di Kota Serang. Sejumlah pelaku usaha yang ditemui mengaku bahwa penjualan sekarang sedang lesu karena kalah dengan produk lain. Sebetulnya secara kualitas tidaklah jauh berbeda, hanya produk lain sudah menggunakan strategi pemasaran modern dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Selain itu, minimnya pengetahuan tentang branding dan komunikasi pemasaran menjadi faktor utama kenapa pelaku usaha belum mampu mempraktikan pemasaran yang diharapkan konsumen. Menurut Founder Maharti Foundation, Karnoto, pihaknya akan bersinergi dengan para pelaku usaha dari sisi pemasaran dan branding serta strategi mendapatkan pasar.

"Maharti Foundation memang saya buat untuk membantu mereka dari sisi marketing, karena kalau dari produksi para pelaku usaha sebenarnya sudah oke. Yah, masih ada kekurangan tapi itu kecil, masalah terbesarnya justru strategi marketingnya ini yang mau kita bantu," kata Founder BantenPerspektif.Com ini.

Redaksi : BantenPerspektif
Sumber: Liputan dan Wawancara

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.