Header Ads

Pembentukan Kabupaten Serang Barat Kembali Mencuat



BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB.SERANG ---- Wacana pembentukan Kabupaten Serang Barat kembali mencuat. Hal ini dilandasai berbagai faktor, diantaranya luasnya wilayah Kabupaten Serang sementara support Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  tidak mencukupi yang berdampak terhadap pemerataan pembangunan.

Minimnya anggaran dan luasnya wilayah Kabupaten Serang berdampak terhadap berbagai persoalan sosial dan ekonomi yang tidak terselesaikan dengan cepat, sehingga butuh jalan keluar yang bijak agar pemerataan pembangunan bisa terwujudkan.

Dan salah satunya adalah pemekaran wilayah dengan membentuk Kabupaten Serang Barat. Menanggapi wacana ini, Masrori, salah seorang anggota DPRD Kabupaten Serang, mengatakan dirinya mendukung keinginan masyarakat untuk membentuk Kabupaten Serang Barat.

Meski demikian, kata pria kelahiran Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang ini, perlu ada diskusi lanjutan secara maraton dengan berbagai pihak, mulai dari daerah induk dan Pemprov Banten termasuk dengan pemerintah pusat.

"Selain itu berbagai pertimbangan strategis juga mesti dibahas agar pemekaran betul-betul dipersiapkan dengan matang," kata Masrori. Dalam penelusuran BantenPerspektif.Com, wacana pemekaran Kabupaten Serang Barat sudah pernah mencuat beberapa tahun silam yang digagas oleh sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan politisi.

Namun sejak 10 tahun terakhir wacana itu tak muncul dan baru akhir-akhir ini kembali mencuat. Kabupaten Serang sendiri saat ini memiliki 29 kecamatan sementara kekuatan APBD untuk menopang pembangunan tidak ideal karena hanya kisaran Rp 2 trilun lebih.

Tak heran sejumlah persoalan, seperti sekolah rusak, rumah tak layak huni dan infrastruktur jalan masih belum bisa diselesaikan oleh Pemkab Serang sampai sekarang. Belum lagi bicara masalah ekonomi dan tingkat pendidikan masyarakat.

Bahkan, rencana pemindahan pusat ibukota Kabupaten Serang di Kecamatan Ciruas sampai sekarang pun belum bisa direalisasikan dan salah satu penyebabnya adalah minimnya anggaran yang dimiliki Pemkab Serang.

Apakah gaung pembentukan Kabupaten Serang Barat bisa berhasil atau akan kembali mentah? Semua itu tergantung stakeholder yang ada, mulai dari anggota parlemen, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Pemprov Banten, Pemkab Serang sebagai daerah induk termasuk pemerintah pusat.

Penulis: Karnoto
Redaksi : BantenPerspektif





Diberdayakan oleh Blogger.