Header Ads

Warga Baduy Gembira Soal KTP, Ini Tanggapan Politisi Golkar



BANTENPERSPEKTIF.COM, LEBAK--- Warga Baduy, Kabupaten Lebak, Banten, menyambut gembira keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan permohonan pencantuman kepercayaan dalam KTP. Selama ini warga Baduy yang berkepercayaan Sunda Wiwitan telah lama memperjuangkan pencantuman identitas itu dalam KTP.

Hal itu disampaikan Jaro Saidi, salah seorang tokoh masyarakat Baduy di Leuwidamar, Kabupaten Lebak saat hadir pada reses anggota DPR RI Fraksi Golkar, Ace Hasan Syadzily hari ini. “Selama ini dalam kolom agama KTP kami tidak pernah dicantumkan agama kami,” kata Saidi.

Padahal, menurut dia, kolom Agama warga Baduy juga penting dicantumkan karena sebagai simbol diakui negara. Sementara itu menanggapi  keputusan MK perihal pencantuman kolom kepercayan dalam KTP, Ace Hasan mengatakan bahwa  keputusan itu harus dihormati.

“Semua warga negara Indonesia memiliki memiliki hak untuk dilindungi dalam beragama dan berkeyakinan sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing,” kata Wakil Sekjen Partai Golkar ini.

Menurut Ace, pencantuman kepercayaan dalam KTP warga negara Indonesia merupakan bentuk pengakuan negara (state recognition)  atas perlindungan terhadap kepercayaan WNI tanpa diskriminasi selain 6 Agama yang diakui oleh negara.

Ace menambahkan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri harus menindaklanjutinya. “Kolom Agama dalam KTP bagi penganut kepercayaan harus dicantumkan,” kata politisi muda yang berasal dari Pandeglang ini.

Sumber : Press Release
Editor : Karnoto

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.