Header Ads

Riset Nielsen, Pendapatan Iklan Media Cetak Turun



BANTENPERSPEKTIF.COM, JAKARTA --- Pendapatan belanja iklan media cetak di Indonesia mengalami penurunan yang berarti karena penurunan hingga 13 persen dari tahun 2013 ke tahun 2017. Meski demikian, media cetak masih dikatakan tinggi jika dibandingkan dengan media lain.

Seperti dilansir majalah Marketing Mix yang mengambil data research dari yang dirilis Nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal III 2017. Survey dilakukan di 11 kota dan meng-interview 17 ribu responden, total pendapatan iklan media cetak memang masih terhitung tinggi yakni tembus Rp 21,8 triliun dan koran masih tercatat mayoritas, yaitu Rp 21 triliun sedangkan majalah Rp 0,8 triliun.

Jumlah angka pendapatan iklan media cetak tersebut mengalami penurunan 13 persen. Masih menurut Marketing Mix, kategori hotel dan restoran menjadi penyumbang ikan terbesar untuk media cetak dengan share 97 persen disusul kategori kesehatan dan pengobatan serta kategori toko spesialis, masing-masing share iklan di media cetak 95 persen.

Sementara itu, munculnya media online membuat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membuat ruang khusus yaitu Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). Wadah ini khusus bagi media onlinen di Indonesia dan kini berbagai daerah di Indonesia telah memiliki serikat ini.

Di Provinsi Banten sendiri sudah berdiri SMSI dan telah beberapa kali melakukan pertemuan antar pemilik media online. (DBS/KNT)


Diberdayakan oleh Blogger.