Header Ads

Anis Matta, Pemimpin Inspiratif



Inspiratif, ini aspek kepemimpinan yang terpenting, dan nampaknya amat jarang kita temukan saat ini. Banyak pemimpin yang gagal menjadi sumber inspirasi, ditengah kekosongan gagasan dan narasi. 

Sebagai gerakan Islam PKS membutuhkan pemimpin inspiratif seperti Anis Matta.  Gagasanya mampu membuka cakrawala berpikir, menambah wawasan, dan pengetahuan kader. Disaat Harokah Islamiyah ini di timpa bencana, Anis Matta berdiri paling depan menyelamatkan kapal yang hampir karam.

Secara otentik Anis Matta menunjukkan ketulusan atas ucapan dan tindakanya. Satunya seruan dan pelaksanaan. Satunya tekat dan perbuatan. Disamping inspiratif, sosok Anis Matta juga mampu menumbuhkan harapan - harapan bagi kader.

Pemimpin yang memberi harapan adalah, mereka yang mampu menjadikan harapan kadernya sebagai ruh kepemimpinanya. Bukan sebaliknya, secara egois menjadikan harapan pribadi, seolah menjadi harapan yang di pimpinnya.

Disaat Anis Matta didaulat menjadi Presiden PKS, ia paham apa yang mesti dilakukan. Dan kemudian ia membuat peta jalan agar bisa keluar dari krisis. 

Anis Matta kemudian safari keliling Indonesia. Mengembalikan rasa optimiame kader atas krisis menimpa PKS.  Anis Matta mampu merangkai siroh Nabi Yusuf, dengan realitas yang ada saat itu. Kisah heroik perjalanan hidup Nabi Yusuf dari sumur hingga Istana, di rangkai dengan apik di setiap safari Anis Matta.

Penulis » Sumardi
Editor » Karnoto
Foto » Internet

Tidak ada komentar

Silahkan komentar dengan bahasa yang santun, Dan jika ada komentar yang berurusan dengan hukum menjadi tanggungjawab sendiri.

Diberdayakan oleh Blogger.