Header Ads

Ari Winanto, Dari Karyawan, Pebisnis Sampai Jadi Politisi



Ari Winanto lahir pada 24 maret 1986 di Prabumulih, Palembang,Sumatera Selatan.  Orangtua Ari bernama Sugiantoro dan Karsumah. Ari merupakan pendiri PT Right Asia Medika. Ia  merupakan salah satu pengusaha muda di Kota Serang.

Ari merupakan pribadi yang cerdas dan cemerlang. Ini terlihat dari track record prestasi akademiknya selama menempuh studi. Ari lulus dari Poltekkes Kemenkes Palembang. Setelah lulus dari pendidikan tinggi tersebut, ia  langsung bekerja di Rumah Sakit Krakatau Medika (KS Group) dan RS Ibu dan Anak Budiasih di Kota Serang tahun 2008.

Setahun berikutnya, Ari melanjutkan studi di StikKes Faletehan Serang. Dan di tahun 2013 Ari memutuskan berhenti bekerja. Dari sinilah awal bisnisnya mulai dirintis. Pada 2013, ia  mendirikan CV Rajawali Putra Medika. Dan  tahun 2016 berkembang menjadi PT. Right Asia Medika dengan mempekerjakan puluhan karyawan.

Ia bermimpi kelak memiliki perusahaan Alst Kesehatan (Alkes) dan laboratorium di Indonesia dan partner ideal untuk investor lokal dan asing.  Ia berprinsip ketika  menjadi businessman maka harus yakin bahwa harta kekayaan kita terdistribusikan secara merata.”

Setelah sukses menapaki karir sebagai penguasa berprestasi, Ari sering hadir di acara seminar-seminar, pembekalan tentang jiwa kewirausahaan (entrepeneurship) khususnya di kalangan pemuda. Sebelum menjadi pengusaha sukses seperti sekarang, Ari win sempat menjadi pengangguran ketika berhenti kerja dari perusahaannya. Hingga akhirnya, Ari win berinisiatif untuk mendirikan sebuah perusahaan di bidang alat kesehatan dan mitra laboratorium, PT Right asia. Usaha tersebut sukses dan telah bermitra dengan beberapa perusahaan lain. Ari win memiliki mentor dalam menjalankan bisnisnya, yakni Ippo santoso.

Pada awalnya,  Ari win berpikir bahwa menjadi pengusaha merupakan pilihan terakhirnya. Hingga saat ini, Ari tidak pernah terpikir untuk menjadi pengusaha seperti yang telah dijalankannya selama ini. Meskipun tak pernah merencanakan menjadi seorang pengusaha, saat ini bisnis yang dimiliki telah beranak pinak di berbagai sektor. Mulai dari alat kesehatan, mitra laboratorium, , hingga customer food pun dirambahnya.

Ia pun masih memiliki cita-cita untuk mengembangkan bisnisnya pada sektor ‘property', karena menurutnya sektor tersebut sangat prospektif dalam kurun waktu 15-20 tahun mendatang. Baginya, ketika mulai terjun ke dunia bisnis, seorang pebisnis haruslah memiliki perencanaan jangka panjang. Hal ini seperti yang dilakukan saat mulai merambah sektor customer food pada tahun 2016, dan saat ini sektor tersebut sedang berkembang pesatnya.

Rahasia Sukses Ari
Kerja Keras dan Gigih
Dalam prinsip hidupnya, Ari selalu menerapkan sikap kerja keras pantang menyerah dan gigih. ini dibuktikan1 meskipun berkali-kali gagal serta jatuh bangun dalam meniti karir namun Ari win tetap bangkit kembali dan menjadi pribadi yang lebih baik dengan kegigihannya berjuang. Mulai dari bekerja di perusahaan kemudian berhenti, memperoleh pekerjaan kembali, mendapatkan kesempatan studi lanjut, memperoleh pekerjaan lagi hingga akhirnya berhenti lagi, lalu menjadi pengangguran. Semua masa sulit itu akhirnya berhasil dilaluinya karena semangat juang yang dimilikinya begitu tinggi, hingga akhirnya membawa Ari win pada puncak kesuksesan seperti saat ini

Optimis
Prinsip yang selalu diterapkan Ketua Barisan Intelektual Nusantara Indonesia ini ialah optimis. Baginya, meskipun hal yang tidak mungkin sekalipun pasti akan menjadi mungkin. tetap optimis melenggang menjalankan bisnisnya. Ia bahkan menerapkan rencana strategis brilian yang akhirnya mengarah kepada kemajuan usahanya. Upaya yang dilakukannya saat itu mungkin terlihat mustahil. Namun, Ari membuktikannya dan menjadikan perusahaannya berkembang pesat sejak saat itu.

Target Jangka Panjang
Pengusaha, pebisnis, haruslah memiliki rencana jangka panjang, begitulah pedoman yang dimiliki Ari win, Dalam menjalankan bisnisnya, pola pikir yang diterapkan ialah dampaknya untuk esok hari, efeknya untuk esok hari. Hal ini dibuktikan dengan sebelum sektor Alkes naik daun seperti sekarang ini, pengembangan usahanya di bidang ‘consumer food’ yang menurut prediksi akan berkembang pesat,

Jalin Relasi
Menjalin relasi merupakan salah satu upaya yang selalu ditanamkan kuat dalam prinsip hidup bagi Sekretaris Wilayah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Banten ini. Bahkan, ketika ia memulai kembali usahanya, ia bermitra dengan rekan yang memiliki hubungan baik dengannya. Saat sedang mengembangkan strategi bisnisnya, metode yang digunakan Ari win pun dalam bentuk negosiasi dengan pihak investor. Hal inilah yang menjadikan Ari win memiliki banyak mitra dan relasi yang membuatnya dipercayai dalam berbagai hal termasuk organisasi. misalnya terpilihnya Ari  sebagai Ketua Korp Indoneia Muda Banten, dan organisasi lainnya.

 Ari dan Keluarga
Ari mengaku tidak bisa membagi waktu yang adil antara pekerjaan dan keluarga. Ia pun meluangkan waktu khusus untuk keluarga yaitu pada Sabtu-Minggu. Hari itu merupakan hari yang sengaja ia luangkan untuk bersama keluarganya. Meski demikian, Ari mengaku tak bisa menjamin weekend tersebut bisa bersama keluarga.

Biasanya waktu liburan bersama keluarga ia manfaatkan untuk olahraga, seperti bermain bola, berenang dan lari. "Biasanya juga saya memenuhi permintaan  anaknya untuk jalan-jalan bersama ke mall," akunya.

Ketua Koprs Indonesia Muda Provinsi Banten ini berharap mampu memberikan waktu lebih berkualitas untuk keluarganya. "Saya merasa bersyukur memiliki keluarga yang memberikan pengertian dan tidak menuntut waktu yang susah sekali baginya untuk diluangkan. Meskipun tengah berada di puncak kesuksesan, akhirnya Ari win tertarik memasuki dunia politik," katanya.

Menjadi pengusaha bagi Ari tidak boleh melepaskan kewajibannya terhadap sesama manusia. "Wirausaha bukanlah kerja sendiri melainkan kerja bermitra yang berarti memberikan kesempatan bagi lainnya untuk mendapatkan kesempatan yang sama," kata pria yang juga menjadi Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Kota Serang.

Ari dan Politik
Sebagai pemuda Ari merasa keterlibatan para pemuda harus lebih luas sehingga perannya bisa lebih optimal. Dan salah satu peran itu adalah arena politik. Pada Pemilu 2019 mendatang, Ari akan maju sebagai Caleg DPRD Kota Serang dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ia ditempatkan di daerah pemilihan Cipocok Jaya, Kota Serang. Ia pun beberapa kali tampak terlihat dalam berbagai momentum politik. Terbaru dia juga memberikan support kepada pasangan Syafrudin - Subadri, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang, dimana PAN merupakan salah satu partai pengusungnya.

Diolah Dari File Profil Ari
Editor : Karnoto
Foto: Doc.Ari

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.