Post views: counter

Header Ads

Golkar Tunjuk Mantan Danjen Kopassus Jadi Sekjen



BANTENPERSPEKTIF.COM, JAKARTA --- Para mantan militer sepertinya sedang mendapat tempat khusus kembali di dunia perpolitikan tanah air, setelah sebelumnya Jenderal (Purnawirawan) Muldoko masuk ke Istana, kini giliran mantan Danjen Kopassus, Lodewijk Freidrich yang diangkat menjadi Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar.

Lodewijk menggantikan Idrus Marham yang kini menjadi Menteri Sosial RI. Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar menyatakan bahwa pengangatkan Lodewijk bukan datang dari intervensi manapun. "Tidak ada yang menekan," kata Airlangga seperti dilansir detik.

Pria kelahiran Manado 60 tahun silam ini mengenyam asam garam di dunia militer. Lulus dari akademi militer tahun 1981, ia langsung menjabat sebagai komandan pleton (Danton) Kopassandha yang kini bernama Kopassus.

Lodewijk menghabiskan sebagian besar karier kemiliterannya di korps baret merah itu hingga akhirnya dilantik menjadi Komandan Jenderal Kopassus pada tahun 2009 menggantikan Pramono Edhie Wibowo. Di masa kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Lodewijk ditunjuk menjadi anggota tim transisi PSSI di tahun 2015

Lodewijk purna tugas dari dunia militer pada tahun 2015. Jabatan terakhir yang pernah ia emban adalah Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI dengan pangkat letjen.

Lepas dari militer, ia terjun ke dunia politik praktis dengan bergabung Golkar. Sebelum menjadi sekjen Golkar, ia menjabat sebagai Korbid Kajian Strategis dan SDM Golkar.Lodewijk kini resmi menjabat sebagai sekjen Golkar.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyingging pengangkatan Lodewijk menjadi Sekjen DPP Golkar. Menurut pria yang karib disapa JK itu, pengangkatan Lodewijk, yang merupakan dari kalangan jenderal, sebagai Sekjen Golkar merupakan cara menghubungkan masa lalu.

"Jadi kalau Sekjen Golkar sekarang Jenderal, itu menghubungkan masa lalu. Itu kadang-kadang penting. Karena tidak lepas dari pada masa lalu, walaupun tentu masa itu sudah lewat," kata JK saat memberikan pembekalan di Rapim TNI-Polri 2018 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (23/1).

Penulis : Karnoto
Diolah Dari Berbagai Sumber
Foto: detik


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.