Header Ads

Mantan Modelling Berjiwa Petarung Ini Jadi Caleg PKS




BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG --- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten membuktikan bahwa partainya terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi bagian dari PKS. Hal ini dibuktikan dengan masuknya mantan modelling yang menjadi Caleg DPR RI PKS dari daerah pemilihan Banten dua.

Ia adalah Yemmelia, seorang perempuan yang pernah menjadi modelling. Karena pernah menjadi model, Yemmelia pun sering menjadi dewan juri dalam beberapa event. Ia juga pernah menjadi Puteri Citra Tingkat Nasional 1985.

Tak hanya dunia life style, ia juga pernah menjadi atlet dengan hobi off road. Mantan birokrat yang sekarang resmi dicalonkan PKS menjadi Caleg DPR RI ini sekarang lebih banyak berkecimpung dalam dunia bisnis.

Bagi masyarakat Banten, nama Yemmelia cukup familiar karena selain birokrat ia juga pernah aktif dalam berbagai organisasi sosial. Bahkan ia diberi gelar oleh masyarakat suku pedalaman Baduy sebagai Embunya Suku Baduy.

 Uni, demikian ia biasa disapa memilih pensiun dini dari pegawai Pemprov Banten. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Meski pernah masuk dalam dunia modelling, namun ia memiliki jiwa petarung.

Hal ini dibuktikan dengan bersedianya ia dicalonkan menjadi Caleg PKS untuk DPR RI, padahal sebelumnya ia beberapa kali sempat dikecewakan dalam urusan politik.

Terakhir ia akan maju sebagai Calon Wakil Gubernur Banten mendampingi Dimyati Natakusumah, namun di injury time Dimyati membatalkan secara sepihak.

Bukan Yemmelia namanya kalau harus mengeluh dan meratapi realitas politik. "Sempat kecewa pasti, itu manusia. Tapi buat Uni itu realitas dan tidak perlu diratapi maka saya pun bangkit dengan merintis bisnis," kata wanita kelahiran 26 Maret 1964 ini.

Setelah beberapa bulan off dalam aktivitas politik, ia pun dilamar PKS untuk dijadikan Caleg DPR RI. Semula ia tidak yakin, namun pada saat mendapat undangan Launching Bakal Caleg dari DPW PKS Banten ia terkejut dan ia pun hadir.

Tak Suka Mobil Sedan, Suka Nyetir Sendiri
Persepsi sebagian orang mungkin akan melihat kalau modelling adalah para wanita yang feminim dan manja, namun tidak bagi Yemmelia.

Ia mengaku lebih suka menyetir kendaraan sendiri. Tak heran saat sopir pribadinya tidak masuk kerja ia nyetir mobil sendiri.

Saat itu kendaraan yang ia setir adalah jenis kendaraan lapangan setipe dengan Strada. Dia pun terlihat menikmati dan tanpa canggung menyetir kendaraan tersebut. Ia mengaku jika lebih menyukai mobil off road.

"Kapan lagi coba disopirin Caleg DPR RI, he he he," kata Yemmelia. Ia pun menyetir kendaran pulang pergi. Ia menuturkan jika tak menyukai kendaraan jenis sedan, tapi lebih suka dengan kendaraan yang tinggi.

"Sedan itu gimana ya, terlalu feminim buat Uni," aku Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Banten ini.

Tak heran kendaraan yang ia miliki semuanya berjenis mobil lapangan,  Orang mungkin sering terkecoh dengan penampilan Yemmelia yang terkesan mewah, padahal Sekretaris Jenderal Ikatan Keluarga Minang (IKM) DPP ini low profile dan orang lapangan.

Ia tak sungkan makan di pinggir jalan di kaki lima. "Urusan makanan sih buat Uni tidak harus di restoran, di kaki lima juga jalan asalkan bersih dan rasanya cocok saja," kata Yemmelia.

Dalam persiapan menghadapi Pemilu 2019, Yemmelia lebih suka menjadi momentum politik untuk pengabdian.

Dengan slogan Semangat Mengabdi inilah Yemmelia berencana mendirikan yayasan yang bergerak disejumlah bidang, seperti pendidikan, sosial, pemberdayaan ekonomi.

Ia memilih pinangan PKS daripada partai lain karena beberapa alasan, diantaranya PKS adalah partai yang konsisten dengan nilai-nilai Islam.

Penulis : Karnoto
Sumber : Wawancara
Foto : Pribadi


Diberdayakan oleh Blogger.