Header Ads

Pemimpin Banten Harus Mengerti Jati Diri Kebantenan



BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG --- Pemimpin di Banten selayaknya mengerti tentang integritas serta memahami jati diri tentang Banten. Hal ini penting agar bisa membawa perubahan yang lebih baik sebagaimana dilakukan para pendahulu di Banten.

Demikian salah satu benang merah dalam acara Stadium General " Kepemimpinan Lokal dan  Konteks Sosial Budaya" di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Prima Graha, Kota Serang, kemarin.

Ahmad Solihin, akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, pada dasarnya, masyarakat Indonesia sebagai suatu kesatuan telah lahir jauh sebelum lahirnya (secara formal) masyarakat Indonesia.

"Peristiwa sumpah pemuda antara lain merupakan bukti yang jelas. Peristiwa ini merupakan suatu konsensus nasional yang mampu membuat masyarakat Indonesia terintegrasi di atas gagasan Bineka Tunggal Ika," ujarnya.

Sementara menurut  Sultan TB. Hendra Bambang Wisanggeni, kehidupan sosial masyarakat Banten memiliki landasan yang mengacu pada ajaran-ajaran yang berlaku dan sesuai dengan agama Islam, sehingga kehidupan masyarakatnya hidup secara teratur.

"Saat ini masyarakat Banten sering lupa tentang entitas budayanya maka melalui studium general ini masyarakat terutama mahasiswa diharapkan mengertti sosial masyarakat Banten, ujarnya.

Penulis : Hendro
Editor : Karnoto
Foto : Hendro




Diberdayakan oleh Blogger.