Header Ads

Desain Grafis dan Politik

Desain Grafis memiliki tanggungjawab sosial yang penting, karena di dunia ini desainer adalah inti dari tantangan sekaligus solusi.
~ David B.Berman ~

Para desain grafia mungkin banyak yang belum memahami bahwa profesi mereka memiliki peran strategis dalam perubahan sosial politik di dunia. Sebagian mereka hanya menyadari kalau aktivitas itu hanyalah aktualisasi kreativitas atau bisnis, padahal mampu melakukan perubahan sosial politik.

Mengenai peran strategis desain grafis ini sudah sering terjadi di dunia, bahkan di sebuah negara sekelas Amerika Serikat pun para desain grafis sudah membuktikan peran strategisnya. 

Dalam buku mungil berjudul Do Good Desaign, David B.Berman menceritakan bagaimana desainer bisa mengacaukan perpolitikan di negara tersebut. Ia menceritakan peristiwa Pemilihan Presiden Amerika Serikat pada November 2000.

Akibat tatat letak gambar yang salah pada kerta suara membuat kemenangan telak pada Goerge Bush dengan mudah. Kasus mirip - mirip pun pernah terjadi pada Pemilu Presiden di Indonesia.

Akibat desain kertas suara yang salah mengundang reaksi publik dan tak jarang menimbulkan guncangan sosial,  terutama mereka yang merasa dirugikan dengan desain kertas suara tersebut.

Pengaruh desain grafis tak hanya dalam urusan politik. Dalam beberapa kasus desain iklan produk komersial juga sering kita temui. Kasus  desain iklan mie instan yang membuat geger karena mengandung unsur pornografi.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.