Header Ads

Bisnis, Itulah yang Bikin Umat Islam Kuat




BANTENPERSPEKTIF.COM, JAKARTA -- Jika kita ingin menciptakan kemakmuran maka budayakanlah entrepreneurship. Inilah yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Menurut Anis Matta, Nabi Muhammad SAW adalah pedagang, pengusaha dan pebisnis termasuk para sahabatnya. "Jika kita ingin menciptakan kemakmuran ikutilah jejak Nabi Muhamma SAW," kata Anis.

Oleh karena itu, ummat Islam harus membudayakan entrepreneurship karena kelak inilah jalan yang menjadi penjelasan mengapa kaum musliman makmur dalam sejarah peradaban dunia. Apa yang dikatakan Anis memang sesuai dengan sejarah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Dalam suatu kisah, Utsman bin Affan, sahabat Nabi Muhammad SAW mampu menyelamatkan izzah (harga diri) umat Islam dimata Yahudi saat ia membeli sebuah sumur. Sebelum dibeli oleh Utsman, Yahudi memasang tarif pembelian air di sumur tersebut yang memberatkan kaum muslimin.

Nabi Muhammad SAW pun memberikan wasiat bahwa siapa saja yang membeli sumur tersebut maka akan istimewa di sisinya. Lalu Utsmanpun mengutus salah satu orang untuk menemui Yauhdi sang pemilik sumur untuk membelinya.

Semula Yahudi hanya menjual sebagian aset sumur tersebut, namun setelah dalam perjalanannya Yahudi itupun menjual seluruh aset sumur tersebut kepada Utsman dan kaum muslimin pun tersalamatkan harga dirinya. (KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.