Header Ads

2050 Diprediksi Islam Akan Jadi Mayoritas di Rusia




BANTENPERSPEKTIF.COM, RUSIA -- Selain Turki, Rusia merupakan negara yang saat ini menjadi perhatian dunia Islam. Hal ini dikarenakan terbukanya Presiden Rusia, Vladinir Putin terhadap Islam sehingga tumbuh luar biasa.

Menurut catatan Grand Mufti Rusia, Syeikh Rawil Gaynetdin, seperti dilansir Hidayatullah, terdapat 25 juta muslim di Rusia dan akan tumbuh terus. Menurut dia, pertumbuhan ini dikarenakan beberapa sebab, diantaranya meningkatnya pertumbuhan keluarga muslim di Rusia dan terbukanya pemerintah Rusia terhadap umat Islam.

Diketahui, Presiden Rusia memang sedang getol mendekati kaum muslim. Ia pun terbuka dan memberikan kesempatan yang luas kepada umat Islam untuk menjalankan ibadanya termasuk berdakwah.

Muslim di Rusia mayoritas tinggal di wilayah Moskow, pusat metropolitan Rusia. Sebagiannya lagi menempati wilayah Baskhortostan dan Republik Kaukasus.  Dilihat dari demografisnya, Rusia hampir mirip dengan Indonesia.  Mereka memiliki kurang lebih 160 etnis yang tersebar di seluruh wilayah Rusia.

Disisi lain, sejumlah politisi Rusia yang tidak berkenan dengan pertumbuhan umat Islam terlihat pusing mengantisipasi fenomena tersebut. Apalagi diperkirakan pada tahun 2050, Rusia akan menjadi negara mayoritas muslim. Prediksi tersebut disampaikan seorang pengkaji spesialis terhadap minoritas etnis di Federasi Rusia, Paul Goble.


Sumber :
Diolah dari berbagai sumber



Tidak ada komentar

Silahkan komentar dengan bahasa yang santun, Dan jika ada komentar yang berurusan dengan hukum menjadi tanggungjawab sendiri.

Diberdayakan oleh Blogger.