Header Ads

Di Inggrispun Pernah "Perang" Hastag





BANTENPERSPEKTIF.COM, INGGRIS - Perang hastag dalam dunia sosial media seperti sekarang ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Beberapa waktu lalu juga terjadi di Inggris, yaitu sekira bulan April 2018.

#PunisAMuslimDay atau Hari Menghukum Islam, hastag ini sempat menghebohkan Inggris termasuk di parlemen Inggris. Hastag ini pun langsung mengundang reaksi dari sejumlah kalangan, terutama mereka yang simpati terhadap umat Islam di negeri tersebut.

Selang beberapa menit, #PunisAMuslimDay langsung mendapat perlawanan dari #LoveAMuslimDay dan #WeStandTogether (Kita Berdiri Bersama). Seperti dilansir BBC, hastag dukungan terhadap umat Islam dan penolakan terhadap #PunishAMuslimDaya mencapai 42. ribu.

Sebuah organisasi yang mengamati kejahatan anti-Muslim, Tell Mama, mengatakan kepada BBC bahwa mereka sudah menyampaikan kepada polisi bukti tentang 20 kasus yang menerima surat yang merujuk pada 'Hari Menghukum Islam'.

"Kami yakin komunitas Muslim bereaksi dengan toleransi," jelas Iman Atta Direktur Tell Mama.Dalam pesan Twittern-nya, Tell Mama juga meminta orang agar melaporkan kejahatan anti-Muslim dan memberikan beberapa saran untuk menjaga keamanan diri.

Seorang wartawan, Lina Serena, menulis: "[Saya] tadinya tidak gelisah dengan #PunishAMuslimDay tapi sekarang ya. Memikirkan Muslim, khususnya perempuan Muslim yang bisa terlihat di seluruh Inggris yang tidak bisa memilih untuk tetap di dalam rumah. Waspadalah."

Sumber:
www.bbc.com

Tidak ada komentar

Silahkan komentar dengan bahasa yang santun, Dan jika ada komentar yang berurusan dengan hukum menjadi tanggungjawab sendiri.

Diberdayakan oleh Blogger.