Header Ads

Harfa Berhasil Ubah Perilaku Dolbon Warga Pandeglang


BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Harapan Dhu'afa (Harfa) Banten sukses mengubah kurang lebih 50 ribu warga Kabupaten Pandeglang yang biasa buang air besar sembarangan atau di kebun (dolbon) menjadi terbiasa  buang air besar di jamban.

Berubahnya perilaku kurang sehat ribuan warga tersebut merupakan hasil dari pemberdayaan LAZ Harfa Bekerjasama dengan Caritas Australia.

Dalam upaya mengubah perilaku warga tersebut, LAZ Harfa menjalankan program pemberdayaan jamban dengan menggunakan metode pemicuan CLTS yang berlandaskan project pengembangan ekonomi dan kesehatan berbasis masyarakat.

Pada Selasa (13/11/2018), LAZ Harfa bersama Caritas Australia mengunjungi Desa Gayong dan Desa Bojong Manik. Kunjungan ini dalam rangka  melihat perkembangan pemberdayaan yang ada di masyarakat serta meninjau langsung prosesnya.

 ”Warga membangun 10.000 jamban atau sebanyak 50.000 lebih warga telah berubah pola perilakunya dari buang air besar sembarangan kini mereka memiliki jamban sendiri, dan semua hasil ini dicapai tanpa subsidi satu rupiah pun,” kata Direktur LAZ Harfa Banten indah Prihanande melalui pres rilisnya.

Indah menjelaskan, banyak kaum perempuan yang tadinya membuang hajat sembarangan, kini tidak lagi. "Mereka juga kini tidak lagi harus membangunkan suami untuk BAB tengah malam di kebon belakang rumah mereka," kata Indah.

Sumber: Press Rilis Humas Banten

Tidak ada komentar

Silahkan komentar dengan bahasa yang santun, Dan jika ada komentar yang berurusan dengan hukum menjadi tanggungjawab sendiri.

Diberdayakan oleh Blogger.