Header Ads

Rahasia Pelukan Orangtua Kepada Anak


BANTENPERSPEKTIF.COM, SERANG - Sebagian dari orangtua meremehkan perihal pelukan tehradap anaknya. Padahal pelukan orangtua kepada anak tidak sekadar besentuhan fisik melainkan ada efek psikis terhadap anak.

Menurut pemerhati anak seperti dilansir Parenting, Roostien Ilyas, orangtua masa kini sudah jarang memberikan pelukan untuk anak, terutama seiring dengan pertambahan usia anak.

"Mereka lebih memilih mengungkapkan kasih saya dengan memenuhi kebutuhan anak, seperti membelikan mainan, menyekolahkan ke sekolah terbaik  dan hanya kata - kata," kata Roostien.

Padahal pelukan bagi anak merupakan perwujudkan kasih sayang dan mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Ketika orangtua memeluk anak dengan kasih sayang maka akan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, merangsang produksi hormon oksitosin yang akan memberikan perasaan teanang dan bahagia erta membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari otak.



Melly Puspita Sari, Psi, psikolog yang juga penulis buku The Miracle of Hug, menyarankan untuk memberikan pelukan pada anak minimal 8 kali sehari untuk memberikan energi sehingga anak bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya.

“Pelukan yang penuh kelembutan juga merupakan salah satu cara untuk membantu menyelesaikan masalah, terutama pada anak yang berperilaku unik,” kata Melly. Jadi, jangan segan-segan untuk memulai kebiasaan berpelukan sejak dini.

Menurut penelitian di University of Itali menunjukkan data, bahwa anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan lebih efektif sembuh dari depresi dan akan timbul rasa percaya dirinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

Bahkan dalam penelitian Journal of Epidemilogy and Communicty Health dikatakan bahwa pelukan saat inisiasi dini, sesaat bayi terlahir ke dunia, akan mentransfer sejenis mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh bayi akan semakin kuat.

Dan ketika pelukan dengan rasa sayang ini di teruskan hingga masa kanak-kanak dapat menjadikan pribadi anak yang tidak gampang stress.

Pada masyarakat dulu ada mitos bahwa  anak yang sering mendapat pelukan akan menjadi cengeng. Mitos ini keliru karena yang terjadi sebaliknya, anak  yang sering mendapat pelukan kasih sayang dari orangtua akan tumbuh menjadi anak yang penyayang, pertumbuhannya sehat dan akan merasa nyaman serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Sumber:
Diolah dari berbagai sumber



Tidak ada komentar

Silahkan komentar dengan bahasa yang santun, Dan jika ada komentar yang berurusan dengan hukum menjadi tanggungjawab sendiri.

Diberdayakan oleh Blogger.