Header Ads

Santri Jadi Calon Legislatif, Kenapa Tidak


BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG - Pemilu 2019 memberikan kesempatan bagi siapapun warga negara Indonesia untuk memilih termasuk dipilih, salah satunya adalah hak dipilih menjadi anggota parlemen seperti yang sedang dilakukan Mukhtar Effendi.

Alumni Pondok Pesantren Darul Hikmah Bogor, Jawa Barat ini mencalonkan diri menjagi anggota DPRD Kota Serang untuk daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Taktakan. Menurutnya, kesediaanya dicalonkan menjadi Caleg DPRD Kota Serang oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) karena didasari ingin ikut berperan dalam perannya di parlemen.

"Parlemen memiliki peran strategis dalam kebijakan pemerintah, terutama menyangkut pembuatan peraturan daerah. Nah saya ingin ikut berperan dalam pembuatan perda yang merupakan salah satu tugas dari anggota DPRD," kata Mukhtar.

Mantan Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Banten ini mengatakan, peran secara riil dengan masuk menjadi anggota parlemen merupakan sebuah keniscayaan agar peraturan daerah yang dibuat berpihak kepada masyarakat, terutama para santri.

"Selain fungsi di atas, dua fungsi anggota dewan yaitu pengawasan dan pengaggaran juga menjadi perhatian saya, bagaimana agar distribusi anggaran benar - benar berpihak kepada masyarakat. Selain itu pengawasan terhadap pelaksanaan program pemerintah daerah juga harus mendapat pengawasan agar berjalan sesuai dengan peruntukannya dan benar - benar program yang dibutuhkan masyarakat," terang Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten ini.

Mukhtar didaulat menjadi Caleg DPRD Kota Serang untuk Dapil Kecamatan Taktakan dengan nomor urut 2. Saat ini ia terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara turun langsung ke lapangan sehingga mengerti dan memahami apa yang menjadi aspirasi masyarakat. (WCR/KNT)

Tidak ada komentar

Silahkan komentar dengan bahasa yang santun, Dan jika ada komentar yang berurusan dengan hukum menjadi tanggungjawab sendiri.

Diberdayakan oleh Blogger.