Header Ads

Bagaimana Seharusnya Hubungan Guru dan Murid


BANTENPERSPEKTIF.COM, PENDIDIKAN - Hubungan antara guru dengan murid sejatinya hubungan yang akrab seperti halnya orangtua dengan anak, kakak dengan adik. Jika tidak maka akan ada hambatan dalam proses belajar mengajar dan berdampak pada tidak optimalnya penyerapa ilmu oleh para murid.

Metode partispatif adalah yang paling tepat karena metode ini tidak menjadi murid hanya sebagai objek tetapi menjadi subjek sehingga ada keterlibatan murid dengan guru yang lebih harmonis dan saling mengerti, inilah sebenarnya hakikat pendidikan.

Metode ini akan bisa dijalankan dengan efektif jika jumlah siswa tidak terlalu banyak. Sebab jika ini yang terjadi maka konsentrasi guru tidak fokus. Itu makanya di luar negeri jumlah murid per kelas selalu dibatasi supaya proses pembelajaran berjalan dengan baik, bukan sekadar nilai.

Saat menjadi Menteri Pendidikan Indonesia, Anis Baswedan sebenarnya ingin menerapkan metode seperti yang dilakukan di luar negeri karena selama ini cenderung hanya berbasis nilai, padahal hakikat pendidikan bukanlah sekadar nilai tetapi perilaku dan mental. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.