Header Ads

Asahlah Bakat Anak Sejak Dini


BANTENPERSPEKTIF.COM, PARENTING - Setiap anak memiliki bakat masing - masing dan biasanya sudah bisa diketahi sejak dini. Tugas dari orangtua adalah memberikan atau mencari ruang agar bakat mereka bisa difasilitasi.

Lalu umur berapa sebenarnya bakat anak sudah bisa diketahui? Menurut Saskhya Aulia Prima, M.Psi, psikolog dari TigaGenerasi seperti dilansir Viva, menjelaskan, permainan bisa digunakan sebagai sarana untuk mengarahkan bakat dan minat si kecil. Namun, ia menyarankan di usia dini yakni lima tahun pertama, orangtua jangan terlalu fokus pada hal itu.

Dikarenakan, bakat orang muncul setelah semua materi ada di kepalanya. Jika anak sudah mengumpulkan banyak pengetahuan, baru ia bisa memilih kira-kira kemampuan apa yang paling bagus.

"Kalau anak usia dini motoriknya sedang dilatih, berpikirnya lagi dilatih, jadi lebih banyak eksplorasi ke pengetahuan. Setelah pengetahuan banyak, kemampuannya makin bagus, jadi kita bisa melihat, misalnya dia bagus mewarnai, tapi menyusun balok belum banyak,” ucap Saskhya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dalam situs dosenpsikolog ada 10 cara untuk mengetahui bakat anak. Sepuluh cara tersebut adalah memperhatikan kebiasaan dan kesukaan anak, membiarkan kemampuan anak mengeksplorasi kemampuan mereka, membangun komunikasi positif, menempatkan anak di posisi terdekat, memberikan waktu yang cukup kepada anak untuk bersosialisasi.

Selanjutnya adalah mengikutisertakan anak dalam perlombaan, ajarkan anak untuk bekerja keras, berikan kebebasan anak untuk memilih, berkonsultasi dengan guru dan terakhir sebagai orangtua harus tetap mendukung apapun keputusan anak. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.