Header Ads

Caleg Terpilih Bisa Batal Dilantik, Ini Penyebabnya


BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG - Para caleg terpilih dari partai manapun bisa gagal dilantik jika tidak menyerahkan Laporan Penertimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Batas maksimal penyerahan LPPDK sendiri yaitu pada 1 Mei 2019 kemarin. Belum diketahui, apakah di Propinsi Banten seluruh partai politik sudah menyerahkan LPPDK tersebut atau tidak. KPU sendiri sejak lama sudah meminta agar partai politik disiplin memberikan laporan tersebut.

Jika ada partai politik yang belum menyerahkan laporan tersebut maka bukan hanya caleg terpilih, partai politik yang bersangkutanpun tidak akan bisa mengikuti pemilu mendatang. Sejauh informasi yang kami dapatkan seluruh partai politik sudah menyerahkan LPPDK, kecuali Partai Garuda.

Akibatnya Partai Garuda didiskualifikasi termasuk para calegnya. "Partai Garuda tadi hadir ke aula KPU Banten, ternyata hanya konsultasi. Sampai waktu yang ditentukan, tidak menyerahkan berkas LPPDK," kata komisioner KPU Banten Nurkhayat Santosa kepada wartawan di Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Kamis (2/5/2019) seperti dilansir detikcom.

Berdasarkan ketentuan, KPU Banten membatasi pelaporan 15 hari setelah pemungutan atau sampai hari ini pukul 18.00 WIB. Dari 16 partai, hanya Garuda yang tidak menyerahkan berkas.(KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.